Iklan

Tak Ada Jaringan Internet, Tiga Desa Di Aceh Jaya Kesulitan Sensus Online

REDAKSI
2/21/20, 23:44 WIB Last Updated 2020-04-03T18:14:24Z

KOMPAS ACEH | ACEH JAYA - Dampak tidak tersedianya jaringan internet tiga Desa di Kecamatan Setia Bakti Aceh Jaya, masyarakat mengeluhkan tidak dapat berpartisipasi dalam sensus yang di lakukan secara online, Jumat (21/02/2020).

Tiga desa yang terisolir dari jaringan tersebut meliput Desa Padang, Desa Gunong Meunasah dan Desa Paya Laot. Selain terkendala sensus penduduk secara online, banyak hal lain pun yang masih terhambat akibat tidak adanya Jaringan seluler dan internet di wilayah itu.

Informasi yang di peroleh pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) sensus dilakukan sejak tanggal 15 Januari hingga 31 Maret. Melalui website https://sensus.bps.go.id. namun selain secara online sensus juga dilakukan secara manual 1-3 Juli  2020.

Yusna Dewi, salah satu warga Padang mengatakan, keterbatasan sinyal internet menjadi salah satu kendala bagi masyarakat melakukan sensus  kependudukan secara online. Sinyal internet kemungkinan tidak bisa menjangkau sekitaran wilayah Desa Padang.

"Kalau kami melakukan sensus online, kami disini harus pergi ke tempat tertentu untuk memperoleh jaringan seperti perbatasan dengan desa itu pun sinyalnya hilang - hilang muncul,"kata Yusna Dewi kepada Kompasaceh.com, Jumat (21/02/2020)

Walaupun pelaksanaan sensus sudah berjalan selama 7 hari, kata Yusna, namun sebagian masyarakat masih minim kesadaran untuk mengikuti sensus online secara mandiri itu.(RED)

Laporan: Mahlil
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tak Ada Jaringan Internet, Tiga Desa Di Aceh Jaya Kesulitan Sensus Online

Terkini

Adsense