Iklan

Cek Alat Kelengkapan, Ombusman RI Sidak Kembali Bandara SIM

REDAKSI
3/14/20, 16:00 WIB Last Updated 2020-03-14T10:17:44Z
Kepala Ombusman RI sidak Bandara SIm
NOA l BANDA ACEH - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dr. Taqwaddin Husin, kembali melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM). Sidak tersebut terkait pengecekan alat kelengkapan serta kesiapan petugas kesehatan untuk mendeteksi wabah Virus Corona pada penumpang.

Kepada awak media, Dr. Taqwaddin Husin, menyebutkan saat ini virus corona telah diidentifikasi masuk ke negara-negara selain China, termasuk negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

“Hal ini tentu penting dilakukan untuk mengetahui kondisi peralatan dan kesiapan pihak Bandara dari segi pendeteksian maupun pihak medisnya,” sebut Dr. Taqwaddin. Sabtu (13/3/2020).

Ombusman RI, sebutnya, juga mengecek langsung apa yang di jelaskan pihak Bandara untuk memastikan alat tersebut sesuai dengan yang di jelaskan pihak Bandara, seperti Ambulance, Bilik isolasi, dan mesin monitor berfungsi dengan cukup baik.

Sebelumnya, Surkani Meneger Oprasional Bandara SIM, menyebutkan, pihaknya memiliki Thermo scanner yang dapat memonitor suhu tubuh penumpang.

"Apabila suhu tubuh penumpang normal, maka kotak-kotak dalam monitor akan berwarna hijau. Jika ada penumpang dengan suhu tinggi, di atas 38 derajat celcius maka kotak orang tersebut akan berwarna merah atau langsung terdeteksi," jelas Sukarni.

Disebutkan Sukarni, dalam pencegahan penyebaran virus Corona tersebut, pihaknya bekerja sama dengan pihak RSUZA. "Dimana penumpang tersebut diharuskan untuk pengecekan kembali kesehatannya," tambahnya.

Lanjut Surkani, selain alat Thermo scanner, pihaknya juga telah menyediakan bilik isolasi dan ambulance yang sudah siap beroperasi jika terjadi kondisi darurat. 

"Untuk menjamin kesehatan karyawan, seluruh pihak Bandara juga diharuskan untuk menggunakan masker," terang Sukarni.(IS)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cek Alat Kelengkapan, Ombusman RI Sidak Kembali Bandara SIM

Terkini

Adsense