Iklan

Meski UN Dibatalkan, Siswa Dihimbau Tetap Fokus Belajar

REDAKSI
3/24/20, 10:30 WIB Last Updated 2020-03-25T01:19:24Z
Kadisdik Aceh Tengah, Drs Uswatuddin
NOA l Takengon - Berkenaan dengan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang semakin meningkat, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tertanggal 24 Maret 2020, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

"Meski demikian, dalam menyikapi surat edaran dari Mendikbud RI, kita kembali mengingatkan agar para siswa selalu tetap fokus dalam belajar," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Drs  Uswatuddin, M.AP. Selasa (24/3/2020).

Dijelaskannya, Surat Edaran itu, pembatalan UN tahun 2020 ini sebagai langkah kebijakan dalam masa darurat akan wabah Covid-19 yang semakin meningkat. Bukan pembatalan proses belajar mengajar di rumah.

"Aktivitas dan tugas pembelajaran, atau dengan istilah belajar dari rumah dapat bervariasi antar siswa, sesuai dengan minat dan kondisi masing-masing siswa, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses atau fasilitas belajar di rumah," jelas Uswatuddin.

Bahkan, lanjutnya, saat belajar di rumah para siswa juga harus objektif melalui pembelajaran daring atau jarak jauh, dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan, dan seterusnya juga pada pendidikan kecakapan antara lain mengenai pandemi Covid-19 yang lagi mewabah saat ini.

"Bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah dapat di beri umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru untuk siswa, tanpa diharuskan memberi nilai kuantitatif. Disamping itu pula, perlunya peran aktif orang tua dalam mengontrol dan mengawasi serta memfasilitasi para generasi yang saat ini lagi belajar di rumah secara mandiri," ujar Uswatuddin.

Pada kesempatan itu, Uswatuddin menegaskan, meskipun Ujian Nasional dibatalkan, para siswa yang kini belajar di rumah selalu fokus dan bersungguh-sungguh dalam belajar. "Jangan hanya karena UN dibatalkan justru para siswa tidak lagi belajar," sebutnya.

Belajar itu, sambungannya, bukan hanya untuk UN, tetapi lebih jauh dari itu agar kompetensi dan potensi diri para siswa dapat tergali secara maksimal.

Sebagai pemberitahuan, didalam surat edaran Mendikbud RI, dimana salah satunya berisi pembatalan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) untuk seluruh jenjang pendidikan di Tahun 2020 ini.

Dengan dibatalkan Ujian Nasional tahun 2020, maka keikutsertaan Ujian Nasional tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.(Das)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Meski UN Dibatalkan, Siswa Dihimbau Tetap Fokus Belajar

Terkini

Adsense