Iklan

Tangani Pasien Covid-19, Plt. Gubernur Aceh Pastikan Berikan Insentif Bagi Tenaga Medis

REDAKSI
4/02/20, 15:00 WIB Last Updated 2021-05-29T14:12:54Z
Plt. Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah
NOA l Banda Aceh – Pemerintah Aceh memastikan akan memberikan insentif bagi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. Insentif tersebut akan diambil dari alokasi dana Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA).

Disela-sela peresmian penggunaan gedung asrama BPSDM Aceh untuk tenaga medis Covid-19, Kamis (2/4/2020), Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyebutkan, meski insentif tenaga medis pasien Covid-19 sudah diatur oleh negara, Pemerintah Aceh juga mempersiapkan insentif dengan skema APBA.

Nova menjelaskan, insentif dengan skema APBA itu akan diberikan sebagai penunjang kepada tenaga medis yang dirasa jam kerjanya jauh lebih banyak dibanding upah dan insentif yang telah diterima dari Pemerintah Pusat.

“Kalau memang yang diberikan itu (insentif dari pusat) dirasa belum cukup dengan jam kerjanya seorang dokter dan perawat yang jauh lebih tinggi, maka kita tunjang dengan APBA,” sebut Nova.

Insentif penunjang tersebut, lanjut Nova, akan diambil dari alokasi dana BTT dalam APBA. "Selama ini, sebagian dana BTT tersebut telah digunakan untuk menjalankan sejumlah langkah penanganan penyebaran virus corona di Aceh," imbuhnya.

Lebih lanjut, Nova mengatakan, kalau anggaran BTT tersebut habis, maka Pemerintah Aceh akan masuk dalam koridor realokasi dan refocousing inpres nomor empat.

Sebelumnya,  (23/3) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, tenaga medis yang menangani pasien virus corona di Indonesia, akan diberi insentif. 

Nantinya, dokter spesialis menerima sebesar Rp 15 juta, dokter umum/dokter gigi Rp 10 juta, bidan atau perawat Rp 7,5 juta, dan tenaga medis lainnya Rp 5 juta.

Pemerintah juga akan memberikan santunan bagi tenaga medis yang meninggal, yakni sebesar Rp 300 juta. Insentif hingga santunan kematian itu hanya berlaku di daerah yang sudah menyatakan tanggap darurat.(RED).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tangani Pasien Covid-19, Plt. Gubernur Aceh Pastikan Berikan Insentif Bagi Tenaga Medis

Terkini

Adsense