Iklan

Abrasi Semakin Parah, Wabup Abdya : Harus Bangun Tanggul Pemecah Ombak

REDAKSI
5/20/20, 12:40 WIB Last Updated 2021-03-20T11:04:41Z
Wabup Abdya, Muslizar MT saat meninjau lokasi abrasi di Gampong Palak Kerambil Susoh

NOA | Abdya – Setiap tahun Gampong Gampong Palak Kerambil dan Gampong Panjang Baru, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dihantam abrasi yang parah. Sehingga dibutuhkan penanggulangan yang serius dari Pemerintah.

Terkait hal tersebut, Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, yang juga turun ke lokasi meninjau warganya yang kena musibah mengatakan, untuk penanganan abrasi ini harus dibangun tanggul pemecah ombak jenis beton tetrapod, yang kekuatannya lebih maksimal jika dibandingkan dengan tanggul lainnya.

“Kalau dibangun dengan batu gajah, tidak akan sanggup membendung ombak yang sangat besar tersebut, pasti dalam hitungan tahun akan rusak kembali,” kata Wabup Muslizar.

Dengan bentuk tanggul tretapode, lanjut Wabup, ombak akan pecah dan tidak langsung menghantam pemukiman warga, disamping kekuatan tanggul pemecah ombak tersebut bisa mencapai puluhan tahun.

Menurut Wabup Muslizar,  anggaran yang dibutuhkan untuk bangunan tanggul dengan bahan beton yang dapat membendung seluruh kawasan pemukiman di dua gampong tersebut sebesar Rp25 miliar lebih.

“Anggaran sebesar itu kalau ditangani dengan APBK itu tidak sanggup, mestinya menggunakan dana provinsi atau pusat,”imbuh Wabup.

Karena itu, Muslizar berharap dukungan dari para anggota DPR Aceh, terutama perwakilan Barat Selatan Aceh demi menyelamatkan pemukiman warga yang dikuatirkan akan terus digerus abrasi yang terjadi setiap tahunnya.

“Kita mengharapkan dan meminta teman-teman di DPR Aceh harus sama-sama mendukung agar bisa dilakukan pembangunan tanggul tersebut. Paling cepat, tahun 2021 kita berharap sudah bisa terealisasi, ini untuk menyelamatkan pemukiman warga,” kata Wabup.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Abrasi Semakin Parah, Wabup Abdya : Harus Bangun Tanggul Pemecah Ombak

Terkini