Iklan

Belasan Unit Rumah Warga Porak Poranda Diterjang Angin Kencang

REDAKSI
5/19/20, 17:30 WIB Last Updated 2021-03-20T11:04:41Z

NOA | ACEH SELATAN - Belasan unit rumah warga di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan, porak poranda diterjang angin kencang, Selasa (19/5/2020).

Angin kencang dipicu cuaca Ekstrim itu  juga telah menimbulkan abrasi pantai, banjir dan pohon tumbang hingga menimpa rumah warga Gampong Rotteugoh, Kecamatan Meukek.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP kepada Media NOA, Com mengatakan, angin kencang yang terjadi hari ini telah menyebabkan pohon tumbang dan abrasi pantai hingga merusak rumah warga. 

"Angin kencang yang terjadi di Kec.  Labuhanhaji, 1 unit rumah milik Fatimah Wati, Warga Gampong Apha, mengalami rusak ringan dan 1 unit pondok warung rusak berat di Gampong Padang Bakau," jelasnya. 

Selain itu, 1 unit rumah milik Anas, warga Gampong Gunung Cut, Kec. Samadua mengalami rusak sedang. Angin kencang yang terjadi di Kec. Meukek juga menyebabkan 1 unit rumah milik Nurasmawati, warga Gampong Jambo Paeun, mengalami rusak sedang, dan 3 unit ruko di Gampong Kuta Buloh juga rusak ringan.

Begitu juga terjadi di Kec. Pasie Raja, 1 unit rumah milik Syarifah Ramlah mengalami rusak sedang. Sedangkan di Kec. Kluet Utara, 1 unit rumah milik Salbyah, warga Gampong Kuala Ba'U,  dan 1 unit rumah milik Ramazan, warga Gampong Limau Purut, mengalami rusak sedang," bebernya.

Cut Syazalisma juga merincikan kerusakan rumah warga akibat pohon tumbang diterpa angin kencang, yaitu, 1 unit rumah rusak sedang di Gampong Pasar Lama, Kec. Labuhanhaji.

1 unit rumah rusak sedang di Gampong Panton Rubek, Kec. Labuhanhaji Barat. 6 unit boat nelayan rusak ringan dan 2 unit boat rusak berat di Gampong Sawang Indah, Kec. Labuhanhaji Timur, serta 1 unit rumah milik M. Din, warga Gampong Rottengoh rusak sedang. 

Angin kencang disertai hujan tersebut  juga menyebabkan banjir rob akibat gelombang pasang terjadi di beberapa kecamatan, seperti di Kec. Labuhanhaji Barat, menerjang pemukiman warga Gampong Blang Poroh, Kuta Iboh, dan  Gampong Ujung Padang.  

Kec. Bakongan, menerjang  Gampong Ujong Mangki hingga merendam 15 unit rumah warga setempat. Banjir rob juga merendam 6 unit rumah warga Gampong Kuala Ba'U, Kec. Kluet Utara, dan air laut juga menggenangi area pertanian. Angin kencang juga berdampak terjadinya abrasi pantai hingga hingga mengancam 21 unit rumah warga Gampong Pasie Sebadeh, Kec.  Bakongan Timur.

Atas kejadian tersebut, Kalaksa BPBD Aceh Selatan Cut Syazalisma menugaskan personil 
Pos Damkar-PB 03 Labuhanhaji, Pos Damkar 02 Meukek, Pos Damkar 04 Kluet Utara, dan Pos Damkar 05 Bakongan untuk Melakukan Assesment awal di lokasi kejadian.

"Hal itu untuk melakukan pembersihan saluran irigasi yang tersumbat akibat tumpukan sampah di Gampong Padang Baru Kec. Labuhanhaji, dan melakukan pembukaan muara sungai yang menyempit di Kec. Labuhanhaji Barat," ujar Cut Syazalisma. (MUS)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Belasan Unit Rumah Warga Porak Poranda Diterjang Angin Kencang

Terkini

Adsense