Iklan

Dari 730 Gampong Di Pidie, 145 Sudah Salurkan BLT

REDAKSI
5/29/20, 10:35 WIB Last Updated 2021-03-20T11:04:41Z
Drs. Samsul Azhar

NOA | Sigli - Dari 730 gampong di Pidie, Provinsi Aceh, 145 gampong sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada 8.043 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sedangkan 392 gampong lagi dalam proses setelah di data oleh Relawan gampong dan sudah melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Mudessus).

“Mereka yang berhak menerima BLT tersebut merupakan warga terdampak imbas langsung Covid-19. sesuai kriteria dari Kementerian Desa PDTT, yang  pendataannya oleh relawan gampong, juga hasil Mudessus tadi,” jelas Kadis Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PMG) Pidie, Drs. Samsul Azhar, kepada m-Noa.com, Jum'at (29/05/2020) diruang kerjanya.

Samsul juga menyebutkan, gampong yang sudah melakukan pendataan dan Mudessus untuk penerima BLT, supaya segera menyampaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG). “APBG sampaikan kepada kita, agar bisa diproses dan mencairkannya,” katanya.

Diakuinya, masih banyak gampong yang belum menyampaikan APBG 2020, ataupun yang sudah menyampaikan, tetapi terkendala dengan masalah administrasi lain, seperti  tidak terbaca dengan jelas Rekening Khusus Umum Gampong (RKUG) sehingga perlu perbaikan.

“Kita berharap APBG 2020 secepatnya bisa disampaikan,dan yang masih terdapat kesalahan segera untuk memperbaikinya, agar tidak terjadi keterlambatan dalam pencairan APBG tahap I, yang nantinya bisa berpengaruh pada penyaluran BLT, termasuk juga pada kegiatan, dan Siltap Aparatur gampong,” sebut Samsul.

Sedangkan besaran BLT yang harus disalurkan kepada setiap KPM, sambung Samsul, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan, No.50/PMK.07 tahun 2020, adalah Rp2,7 juta, dimana untuk tahap pertama sebesar 600 ribu/bulan, terhitung dari April, Mei dan Juni. “Untuk tahap kedua 300 ribu/bulan, terhitung dari Juli, Agustus dan September,” terangnya.

Ditegaskan Samsul, dalam penyaluran BLT, tidak dibenarkan adanya pengutipan kepada KPM, dengan dalih apapun. “Sudah kita sampaikan kepada para keuchik dan kita terus memantau, juga selalu berkoordinasi dengan instansi lainnya,” singkatnya. (AA).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dari 730 Gampong Di Pidie, 145 Sudah Salurkan BLT

Terkini