Iklan

Di Abdya, 64 Calon Jamaah Haji Gagal Berangkat

REDAKSI
6/03/20, 16:00 WIB Last Updated 2021-05-29T14:12:04Z
Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT saat melakukan tepung tawar (peusijuek) CJH tahun lalu

NOA | Abdya – Sebanyak 64 orang Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dipastikan gagal berangkat ke tanah suci pasca Menteri Agama Fachrul Razi atasnama pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan calon haji tahun 2020 ini.

Salah satu penyebab keputusan itu, berdasarkan keterangan Menteri Agama, diambil karena Saudi belum kunjung memberikan kejelasan. Keputusan itu pun berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia yang tercatat sebagai CJH tahun 2020.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Abdya, Dr H Iqbal Muhammad Mag melalui Kasubag TU Kankemenag setempat, Suryadi Anwar, mengakui, pembatalan keberangkatan CJH tahun 2020 ini merupakan kebijakan Kementerian Agama Republik Indonesia yang mengacu pada aturan pemerintah Aran Saudi terkait Covid-19.

“Akibatnya, kita di Abdya sebanyak 64 CJH tahun 2020 yang terdiri dari 43 orang lekai dan 21 orang perempuan dipastikan gagal berangkat tahun ini,” kata Suryadi.

Diakui Suryadi, dari sejumlah CJH tersebut sudah menunggu beberapa tahun untuk menunaikan ibadah haji. “Mereka gagal berangkat karena Corona, sebagian dari CJH kita sudah menunggu sejak 10 tahun lalu ada yang mendaftarkan diri,” katanya.

Suryadi menjelaskan, pemerintah Arab Saudi tidak memberikan akses kepada pendatang lantaran resiko yang sangat besar, calon jemaah haji kebanyakan sudah berusia lanjut dan sangat rentan tertular penyakit.

“Pembatalan ini bukan hanya CJH kita saja, tetapu seluruh Indonesia bahkan dunia tidak bisa menunaikan ibadah haji tahun ini,” terang Suryadi.

Pada kesempatan itu, Suryadi memastikan CJH tahun 2020 ini akan berangkat haji pada tahun depan. “CJH tahun 2020 tetap bisa berangkat tahun depan, yakni tahun 2021, yang mendaftar tahun 2021 berangkat pada tahun berikutnya, terus begitu, karena jadwalnya berganti,” tuntasnya.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Di Abdya, 64 Calon Jamaah Haji Gagal Berangkat

Terkini