Iklan

Di Masa Pandemi Covid-19, Penanganan Sampah Luput dari Perhatian GTP2 C19

REDAKSI
6/15/20, 15:35 WIB Last Updated 2021-03-19T13:47:31Z
Tumpukan sampah yang belum diatasi di taman Kota


NOA | Pidie - Dalam masa pandemi Covid-19, menjaga kebersihan lingkungan, kesehatan,jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker saban hari setiap saat himbauan ini  didengungkan oleh pemerintah dan berbagai lembaga peduli lainnya.

Namun, ironisnya pemerintah sendiri tidak melaksanakan isi dari himbauan tersebut, hal itu terlihat disejumlah titik persoalan kebersihan lingkungan terkesan terabaikan.

Masalah kebersihan lingkungan yang masih terkait erat dengan kesehatan, dan masalah kebersihan lingkungan ini merupakan satu diantara sasaran utama dalam penanganan penyebaran Covid-19, sesuai berbagai Surat Keputusan, Intruksi, Surat Edaran dari pemerintah pusat, sampai surat dari pemerintahan gampong,tentang penanganan penyebaran Covid-19.

Tetapi apa yang terlihat dalam keseharian tidaklah demikian, para buruh sampah, yang merupakan petugas kebersihan, mereka bekerja siang malam tanpa Alat Pelindung Diri (APD) dan peralatan kerja yang memadai.

Kemudian, dalam penanggulangan sampah, tidak dibarengi dengan biaya yang cukup, sehingga terpaksa taman kota pun dijadikan "gudang" sampah.

Padahal dalam penanganan Covid -19, untuk bidang persampahan juga diperlukan dana yang memadai dari GTP2 C19, seperti halnya untuk Dinkes dan Rumkit, ini sesuai dengan berbagai Surat Keputusan, Instruksi dan Surat Edaran dari penerintah.

Kenapa bidang kebersihan lingkungan, dalam penangan sampah terabaikan, ini seharusnya menjadi perhatian khusus GTP2 C19 Kabupaten Pidie, selaku Gugus Tugas Penanganan Covid-19.(AA/RED)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Di Masa Pandemi Covid-19, Penanganan Sampah Luput dari Perhatian GTP2 C19

Terkini