Iklan

Ir Mawardi Ali : Pangan Salah Satu Kekuatan Negara

REDAKSI
6/10/20, 11:00 WIB Last Updated 2021-05-29T14:11:43Z
Prosesi tanam perdana musim tanam Gadu di Aceh Besar


NOA | Aceh Besar – Pangan adalah salah satu kekuatan negara untuk menghadapi krisis pangan global jika pandemi Virus Corona (Covid-19) terus berkelanjutan. Untuk itu, petani harus memiliki lumbung padi sendiri.

"Kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini selesai, jika berkepanjangan pasti akan menimbulkan krisis pangan secara global, maka dari itu pangan ini menjadi kekuatan untuk mengatasi krisis pangan tersebut," kata Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali saat melakukan tanam perdana padi musim tanam Gadu tahun 2020 di lahan shelter galaxy Lanud Iskandar Muda, Kecamatan Blang Bintang. Rabu (10/6/2020).

Dalam kegiatan yang ikut dihadiri Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanuddin beserta Gubernur Aceh yang diwakili oleh asisten II Teuku Ahmad Dadek dan Danlanud Iskandar Muda, Bupati Mawardi Ali juga menyebutkan, untuk mewujudkan program pemerintah Aceh Besar dalam kemandirian pangan, pemerintah Aceh Besar mengharapkan agar hasil pertanian tidak keluar.

“Aartinya masyarakat Aceh Besar setelah memanen hasil pertanian agar memiliki lumbung pangan sebagai cadangan. Kita ketahui bahwa saat ini hasil panen petani kita biasanya langsung diserap keluar, nah ke depan melalui dinas pangan pemerintah akan membuat surat edaran agar setiap gampong memiliki lumbung pangan," tegas Mawardi Ali.

Menurut Mawardi Ali, tujuan lumbung pangan tersebut sebagai cadangan jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan di Aceh, maka Kabupaten Aceh Besar telah siap. "Tujuannya adalah sebagai stok pangan jika sewaktu-waktu krisis pangan melanda kita sudah siap, apalagi jika kita lihat kondisi saat ini," singkatnya.

Hal yang sama juga dibenarkan oleh Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hasanuddin, saat ini Aceh Besar sudah surplus gabah tapi pemerintah Aceh Besar tidak hanya diam begitu saja melainkan terus meningkatkan sektor pertanian sebagai wujud komitmen untuk kemandirian pangan.

"Ini luar biasa, Aceh Besar terus berbenah dan meningkatkan hasil pertanian untuk mewujudkan kemandirian pangan," ujar Pangdam.

Pangdam Iskandar Muda juga akan berkomitmen untuk terus membantu pemerintah Aceh Besar dalam mewujudkan kemandirian pangan. "TNI akan terus melakukan kerja sama dengan pemerintah untuk kita wujudkan program kemandirian pangan ini," tuntasnya.(RED).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ir Mawardi Ali : Pangan Salah Satu Kekuatan Negara

Terkini