Iklan

Zona Merah Covid-19, Begini Respon Wakil Bupati Abdya

REDAKSI
6/06/20, 09:00 WIB Last Updated 2021-05-29T14:12:04Z
Wabup Abdya, Muslizar MT

NOA | Abdya – Dari sembilan Kabupaten/Kota di Aceh yang ditetapkan sebagai Zona merah Covid-19, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) masuk dalam zona merah berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Aceh Nomor 440/7810 tanggal 2 Juni 2020 kepada bupati dan wali kota se Aceh.

Atas penetapan itu, Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT beraksi keras dan merasa keberatan atas penetapan zona merah Covid-19. “Penyebutan kabupaten Abdya sebagai zona merah Covid-19, membuat masyarakat resah dan khawatir, serta panik. Saya meminta pemerintah Aceh harus menjelaskan, apa alasan menetapkan Abdya sebagai zona merah," tegasnya. Sabtu (6/6/2020).

Disebutkan Wabup, dari sejumlah kabupaten/kota yang masuk sebagai zona hijau, ada yang memiliki pasien PDP dan positif corona lebih banyak dari Abdya. “Dalam surat gubernur Aceh tersebut, kabupaten dengan jumlah PDP lebih banyak dari Abdya masuk dalam zona hijau. Saya merasa aneh, kenapa masuk zona hijau?,” tanyanya.

Jika penetapan Abdya sebagai zona merah, sambungnya, karena ada warga yang positif dan terindikasi Covid-19, maka hal tersebut sangat tidak tepat. “Hasilnya swab saja bisa tidak konsisten, dan keluarga yang dinyatakan positif corona, setelah uji swab semua negatif. Jadi, apa alasan menetapkan Abdya sebagai zona merah," imbuh Muslizar.

Diakuinya, Pemerintah Kabupaten Abdya, terus berkerja keras untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. “Bahkan sejumlah langkah-langkah pencegahan sudah kami lakukan lebih cepat, dengan seperti ini, apa yang dilakukan semua pihak, seperti menjadi sia-sia,” tutur Wabup Muslizar.

Pada kesempatan itu, Wabup meminta tim gugus provinsi untuk segera memberikan penjelasan atas dasar apa penetapan Abdya sebagai zona merah. “Standar dan dasarnya bagaimana, haruslah jelas dan diumumkan, serta mengkaji ulang penetapan zona merah tersebut,” pungkasnya.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Zona Merah Covid-19, Begini Respon Wakil Bupati Abdya

Terkini