Iklan

Peduli Terhadap Kesehatan Remaja, Puskesmas Lhang Lauching Posyandu Remaja

REDAKSI
10/20/20, 17:20 WIB Last Updated 2020-10-20T10:31:10Z

 

Kadinkes Abdya, Safliati STT, M.Kes didampingi koordinator PKPR Dinkes Aceh, Susi Harianti, Camat Setia, Keuchik Rambong dan Kapus Lhang, dr Hessi Arfina memotong pita saat launching Posyandu Remaja

NOA | Abdya - Dalam upaya mengwujudkan generasi penerus sehat, kreatif dan bermartabat Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Puskesmas Lhang, Kecamatan Setia melaunching Posyandu Remaja di Desa Rambong, Kecamaran setempat. Selasa (20/10/2020).


Pembentukan Posyandu remaja yang baru pertama dilakukan di Kabupaten Abdya tersebut disaksikan langsung oleh penanggung jawab Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Susi Harianti, Kadinkes Abdya, Safliati STT, M.Kes, Camat Setia, Raifin dan Keuchik Rambong Faisal serta undangan lainnya.


Dalam sambutannya,   Kapus Lhang, dr Hessi Arfina menyebutkan, sasaran dari posyandu milenial tersebut adalah anak remaja 10 - 18 tahun yang masih sangat rentan dan perlu perhatian serius dari semua kalangan.


"Kehadiran  Posyandu Remaja ini sebagai bentuk usaha lebih kita yang melibatkan remaja sebagai salah satu segmen krusial dari sisi pelayanan kesehatan jarang tersentuh untuk meningkatkan “awarness” remaja," kata dr Hessi.


Lebih lanjut, dr Hessi mengungkapkan pentingnya menjaga kesehatan remaja, pembentukan posyandu remaja diharapkan bisa menjadi awal kegiatan yang berupaya kesehatan berbasis masyarakat (remaja).


"Kegiatan ini dilakukan untuk memantau kesehatan remaja dengan melibatkan remaja itu sendiri, sehingga dapat memantau kesehatan remaja, terutama dapat menghindari remaja dari hal-hal yang negatif menjadi remaja yang produktif," tegas dr Hessi.


Karena itu, lanjutnya, posyandu remaja yang baru pertama di Abdya itu mengambil tema "melalui posyandu remaja kita mewujudkan generasi penerus yang sehat produktif dan bermartabat' itu dapat dicontoh oleh Desa-desa lainnya.


"Kami berharap desa lain khususnya di kecamtan Setia dan pada umumnya Kabupaten Abdya dapat membentuk posyandu remaja, karena permasalahan kesehatan remaja bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja," pungkas dr Hessi sembari mengatakan, posyandu remaja di Desa Rambong itu akan dilaksanakan dua kali, terakhir pada bulan November mendatang.


Sementara itu, Camat Setia, Raifin menyebutkan, pihaknya sangat mendukung upaya Puskesmas Lhang tersebut. Menurutnya, dengan adanya posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan upaya kesehatan berbasis remaja.


"Posyandu remaja juga merupakan tempat untuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja, karena itu kita sangat mendukung kegiatan ini," singkat Raifin.


Senada Raifin, Kadinkes Abdya, Safliati STT, M.Kes mengakui, kompleksnya permasalahan kesehatan pada remaja, tentunya memerlukan penanganan yang komprehensif dan  terintegrasi yang melibatkan semua unsur dari lintas program dan sektor terkait. 


"Kami ingin menekankan bagaimana mempersiapkan dan mengaktifkan remaja untuk peduli memeriksakan kesehatannya. Kegiatan ini juga akan meencegah remaja ke arah-arah yang negatif," kata Safliati.


Selain itu, kata Kadinkes, permasalahan-permasalahan remaja bisa ditekan seperti masalah narkoba, kriminal dan sebagainya. "Para remaja bisa berpartisipasi amtif memantau kesehatannya rutin di posyandu keberlangsungan dari posyandu remaja ini harus tetap terjaga," singkatnya.


Terpisah, Keuchik Rambong, Faisal yang dimintai tanggapannya atas pembentuka posyandu remaja di Desanya tersebut mengaku senang dan apresiasi atas dirintisnya posyandu remaja itu mengatasi dan meminimalisir kegiatan negatif yang kemungkinan terjadi pada remaja seperti masalah narkoba, kriminal, dan sebagainya.


"Secara tidak langsung keberadaan posyandu remaja ini mampu membantu kita dalam memberdayakan remaja untuk melakukan hal-hal positif seperti lebih peduli akan kesehatan mereka," singkat Faisal.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peduli Terhadap Kesehatan Remaja, Puskesmas Lhang Lauching Posyandu Remaja

Terkini