Iklan

Dengan Prosedur Prokes Covid-19, Kodim 0110/Abdya Laksanakan Samapta

REDAKSI
11/24/20, 10:00 WIB Last Updated 2020-11-24T09:36:24Z

 

Prajurit Kodim 0110/Abdya mengikuti kegiatan Samapta Periodik tahun 2020 di Kompi Senapa C Riader Khusus 115 /Macan Lauser Gampong Rambong

NOA | Abdya - Dalam upaya peningkatan kemampuan prajurit, Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan kegiatan Samapta periodek II tahun 2020 dengan prosedur protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.


Kegiatan yang diikuti mulai dari Perwira, Bintara dan Tamtama itu dipusatkan di Lapangan Kompi Senapa C Riader Khusus 115 /Macan Lauser Gampong Rambong, Kecamatan Setia, akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Selasa (24 /11/2020), turut dipantau oleh Tim dari Jasdam IM yang dipimpin oleh Kapten Kav DT Febriansyah.


"Samapta periodik tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena situasi dan kondisi Pandemi Covid 19. Dalam pelaksanaannya seluruh anggota di wajibkan mengikuti protokol kesehatan, yaitu mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan dan jaga jarak," kata Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Arip Subagiyo.  

 

Selanjutnya, katanya, dilakukan tahapan kesamaptaan jasmani yang meliputi pengisian belangko ceklis pemeriksaan tensi darah oleh Tim Kesehatan dari Polkes dilakukan peregangan dan pemanasan untuk menghindari cidera saat pelaksanaan Samapta. 

 

"Kesamaptaan jasmani yang dilakukan meliputi Samapta A yaitu lari 3200 M dan Samapta B yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges serta Shuttle Run (Lari angka delapan). Pada pelaksanaan lari 3200 M peserta diperbolehkan membuka masker sesuai dengan petunjuk pelatih jasmani," terang Letkol Inf Arip Subagiyo.


Lebih lanjut, Letkol Inf Arip Subagiyo menegaskan, kepada seluruh anggota untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat dan betul-betul dilaksanakan, dengan tidak mengabaikan faktor keamanan.  

 

"Kita boleh bersemangat dan ingin mencapai hasil yang maksimal, namun demikian jangan abaikan faktor keamanan, bila mengalami pusing atau dada sesak jangan dipaksakan, dan segera menepi," kata Letkol Inf Arip Subagiyo.


Diakuinya, Samapta merupakan program rutin dari Komando atas, dengan tujuan membina dan mengukur stamina prajurit TNI AD. "Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 3 hari, karena ada anggota lain yang melaksanakan dinas dalam, sehingga dibuat dua hari agar semua dapat melaksanakan," sebut Letkol Inf Arip Subagiyo.  

 

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat penting dilakukan. Apalagi bagi anggota yang akan melaksanakan tes kenaikan pangkat maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan. 


"Dan juga dalam menunjang program lainnya, sebagai tolak ukur kemampuan setiap prajurit," pungkas Dandim Letkol Inf Arip Subagiyo.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dengan Prosedur Prokes Covid-19, Kodim 0110/Abdya Laksanakan Samapta

Terkini

Adsense