Iklan

DPMG Aceh Selatan Gelar Bintek Pengolahan Kelapa Menjadi Produk Kawasan

REDAKSI
11/18/20, 21:28 WIB Last Updated 2020-11-18T14:28:05Z
NOA | ACEH SELATAN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) pengolahan kelapa menjadi produksi kawasan, berlangsung di Aula Hotel Dian Rana, Tapaktuan, Rabu (18/11/2020).


Acara dibuka oleh Asisten I Setdakab Aceh Selatan,  Erwiandi S.Sos M.Si mewakili Bupati Tgk. Amran. Turut dihadiri Kepala DPMG Aceh yang diwakili Kabid PK SDA/TTG, Wardana M.Si.


Asisten I Setdakab Aceh Selatan, Erwiandi mengatakan, tanaman kelapa disebut juga pohon kehidupan. Karena dari setiap bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.


"Buah kelapa dapat diambil, air, daging buah, tempurung dan serabutnya. Dikarenakan upaya untuk mengatasi kesenjangan pembangunan antara kota dan desa yang akhirnya mengarah pada peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan," ujarnya. 


Menurutnya, dari aspek potensi pertanian yang ada di Kabupaten Aceh Selatan salah satunya industri berbahan dasar kelapa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tingkat produksi kelapa pindah diantaranya sebagian tanaman telah tua/rusak sehingga tidak lagi produktif.


Varietas/jenis kelapa yang ditanam sebagian besar hanya memiliki kemampuan produksi yang rendah, perlakuan budidaya sangat minim, adanya serangan hama penyakit yang tidak berkesudahan, dan masih belum terperbaikinya sistem pengolahan dan tata niaga hasil. 


"Melalui Bintek pengolahan kelapa kawasan gampong ini sebagai langkah penguatan lembaga ekonomi masyarakat yang diharapkan dapat dilaksanakan dengan perencanaan strategis," tutupnya. (RED)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPMG Aceh Selatan Gelar Bintek Pengolahan Kelapa Menjadi Produk Kawasan

Terkini