Iklan

SMA Negeri 1 Bireuen Gunakan Sistem Vote Online dalam Pemilihan Ketua OSIS

MURSALIN
11/13/20, 22:28 WIB Last Updated 2020-11-13T15:48:43Z

 

Foto: Ist

NOA | Bireuen – SMA Negeri 1 Bireuen menggunakan Sistem Vote Online dalam pemilihan Ketua OSIS Periode 2020-2021, Jumat, (13/11/2020).

 

Acara yang berlangsung pada tanggal 11-12 November 2020 di SMA Negeri 1 Bireuen sukses memilih ketua OSIS baru periode 2020-2021 menggunakan via Sistem Vote Online. 

 

Peserta yang memberikan voting berjumlah 878 siswa, dan guru menggunakan via Vote Online, kata Rizal Fuadi, SPdI, yang juga sebagai Pembina OSIS SMAN 1 Bireuen.

 

Lanjutnya, proses pemilihan ini  telah dimulai sejak pertengahan Oktober 2020 yaitu mulai dari proses rekrutmen, seleksi, dan akhirnya pemilihan. Dalam proses itu terjaring tiga orang calon ketua OSIS yaitu Rahmatillah (Kelas XI IPA D), T. Fadhal Alfarizi (XI IPA D), dan Jamalul (Kelas X IPA G).

 

“Hal yang beda dan menarik pada proses pemilihan kali ini adalah voting atau pemilihan ketua OSIS dilakukan secara daring atau online,” terang Rizal.

 

Panitia masuk ke dalam kelas kemudian mempersilahkan siswa memilih calon ketua OSIS melalui handphone yang telah disediakan oleh panitia. Proses pemilihan dengan sistem online ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit per siswa. Bahkan hasilnya dapat disaksikan secara langsung oleh seluruh warga sekolah melalui Zoom.

 

Sementara Teuku Aufa Abthal, Ketua OSIS SMAN 1 Bireuen Periode 2019/2020 mengatakan pemilihan secara online ini sangat memberikan kemudahan bagi panitia karena sangat hemat biaya dan waktu.

 

“Tidak membutuhkan penggandaan kertas suara dan tidak perlu melakukan proses perhitungan suara karena sudah terakumulasi secara langsung dan valid. Proses pemilihannya sendiri di kelas tidak lebih dari 5 menit. Jadi, sangat hemat dan ringkas.” Ujar Teuku Aufa.

 

Jumlah voting terbanyak diraih oleh T. Fadhal Alfarizi dengan hasil raihan 561 suara, disusul oleh Jamalul sebagai Ketua I dengan jumlah raihan 218 suara, dan Rahmatillah sebagai Ketua II dengan raihan 95 suara.

 

Selain itu, Rizal Fuadi SPdI, Pembina OSIS SMAN 1 Bireuen menambahkan para panitia telah menunjukkan kreativitasnya dengan sangat baik di saat pandemi ini di mana ada banyak batasan yang secara umum telah mengurangi kebebasan beraktivitas.

 

Namun, mereka mampu melaksanakan proses pemilihan Ketua OSIS tersebut secara baik, tertib, cepat, dan dengan memenuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

 

Kepada pengurus OSIS Periode 2019-2020 yang telah berkontribusi secara maksimal sebagai panitia dalam melancarkan dan menyukseskan pemilihan ketua OSIS tersebut yang diselenggarakan dalam dua hari karena siswa-siswa masuk sekolah secara bergantian (shift).

 

“Semoga langkah awal yang baik ini dapat melahirkan kreativitas-kreativitas lainnya yang penuh manfaat kepada seluruh siswa SMAN 1 Bireuen meskipun sedang dalam masa pandemi.” Demikian, Rizal. [MSL]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SMA Negeri 1 Bireuen Gunakan Sistem Vote Online dalam Pemilihan Ketua OSIS

Terkini