Iklan

Polres Pidie Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Seulawah 2020

REDAKSI
12/21/20, 10:00 WIB Last Updated 2020-12-22T08:15:41Z

 

Wakil Bupati Pidie didampingi Kapolres dan Dandim mengecek personil pada apel gelar pasukan ops Lilin Seulawah


NOA | Sigli - Polres Pidie Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seulawah tahun 2020, berlangsung di lapangan Mapolres setempat. Bertindak sebagai Pimpinan Apel, Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud,ST,Senin (21/12/2020).


Apel ini juga diikuti oleh Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian,S.I.K.,M.H, seluruh PJU Polres, Dandim 0102/Pidie, Letkol Arh Tengku Sony Sonatha,S.E.,M.I.P, Dansubdenpom IM/1-3 Sigli, Ketua DPRK, Kajari Pidie, Ketua PN Sigli, para Kadis, serta Personil TNI Kodim Pidie, Personil Dishub Pidie, Personil Satpol PP Pidie dan seluruh Personil Polres Pidie. 


Sebagai pimpinan Apel, Wakil Bupati membacakan amanat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin tahun 2020 dari Kapolri Jenderal Polisi Drs.Idham Azis,M. Si, bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin-2020”.


Operasi Lilin Seulawah dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek Personil maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya. 


Ada tujuh poin amanat Kapolri pada apel gelar pasukan Ops. Lilin 2020 tersebut yang disampaikan oleh pimpinan apel untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksaan tugas,meliputi kesiapan mental dan fisik serta menjaga kesehatan,serta berniat setiap pelaksanaan tugas sebagai Ibadah Kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Kemudian melakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.


Meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan Pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021.


Selanjutnya melaksanakan Pengamanan secara professional dan humanis, dengan memberikan pelayanan terbaik, lengkapi Sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta melakukan penugasan anggota dengan Buddy System. 


Melaksanakan penegakan Hukum secara Professional dan Proporsional serta bertindak secara tegas,namun humanis terhadap setipa pelanggaran Hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.


Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan Operas, dan poin ketujuh dari amanat Kapolri, tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan mencegah penyebaran Covid -19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.


Sementara,usai Apel Kabagops Polres Pidie,AKP Iswahyudi,SH, selaku Karendal Ops Res Pidie dalam Ops Lilin Seulawah 2020 Polres Pidie, Kepada m-Noa.com, mengatakan pelaksanaan Ops Lilin Seulawah 2020 Polres Pidie berlangsung dari  21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.


"Nantinya ada sekitar 50 personil gabungan dari polres,Kodim, Satpol PP,dan Dishub Pidie akan terlibat dalam kegiatan ini, mereka sudah dibekali dengan juklak tentang Ops Lilin Seulawah 2020," jelas AKP Iswahyudi.


Dalam kegiatan, lanjutnya, Tim akan melakukan pratroli ditempat keramaian yang sering dikunjungi masyarakat pada masa libur jelang tahun baru, selain itu kegiatan ini sesuai dalam amanat Bapak Kapolri juga bagian dari upaya pencegahan penyebaran Covid -19,.


"Tim akan memantau dan menghimbau warga untuk taat prokes, seperti memakai masker dan menghindari kerumunan, tetap jaga jarak," imbuh AKP Iswahyudi.


Pengamanan, katanya, juga dilakukan di lintasan Banda Aceh-Medan, dimana orang-orang akan bepergian selama natal dan tahun baru dengan melintasi jalan tersebut, agar pengguna jalan bisa nyaman.


AKP Iswahyudi juga menjelaskan penggunaan nama "Seulawah" pada Ops Lilin 2020 atau kegiatan lain di Institusi kepolisian, menurut keterangannya bahwa penggunaan nama seulawah untuk Aceh sesuai tipikal dan testur wilayah Aceh, untuk daerah diluar Aceh juga menambah nama sesuai tipikal dan testur wilayah masing-masing, minsalnya Ops Lilin Candi 2020, Toba, Kalimaya, dan lainnya.(AA)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polres Pidie Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Seulawah 2020

Terkini

Adsense