Iklan

Program Penataan Sungai Krueng Baro Sigli Sedang Dikerjakan

REDAKSI
12/08/20, 16:08 WIB Last Updated 2021-05-29T14:10:01Z

 

Penataan Sungai Krueng Baro Sigli Sedang Dikerjakan

NOA | Sigli - Peningkatan kualitas pemukiman kumuh kawasan Krueng Baro, Pidie, Provinsi Aceh, dari Kementerian PUPR, berupa kegiatan penataan Sungai Krueng Baro, kawasan Gampong Pante Teungoh, Blok Sawah dan Kramat Dalam, Kota Sigli, saat ini sedang dalam pengerjaan.


"Kegiatan ini meliputi pembuatan jalan, taman,anjungan, dan pemasangan lampu hias, yang dimulai dari arah kiri kanan jembatan Blok Sawah,sampai Jembatan Pante Teungoh," kata Bukhari,ST pelaksana lapangan.


Saat ini, katanya, pengerjaan dimulai dengan pekerjaan Bored Pile untuk tiang sangga anjungan, setelah pengeboran nantinya dilakukan pemasangan tulang dan pengecoran tiang.


"Setelah dilakukan pengeboran (Bored Pile) akan kita pasang rangka tulang tiang penyangga, selanjutnya pengecoran tiang tersebut," ungkap Bukhari,ST kepada m-Noa.com. Selasa (08/12/2020).


Jelasnya lagi, untuk rangka besi, pihaknya sudah siap merakitkannya. "Setelah selesai Bored File akan kita pasang, ada sekitar enam Bored File sedang kita kerjakan dari sisi Blok Sawah-Pante Teungoh," jelas Bukhari.


Selanjutnya, terangnya, untuk pinggiran sungai bagian Pasar Lama Kramat Dalam, terlebih dahulu dibuat tanggul sungai dan pembersihan lumpur, serta pembuatan saluran pembuang.


"Bagian kegiatan yang akan dikerjakan, sepanjang 500 meter setiap sisi dari jembatan Blok Sawah ke jembatan Pante Teungoh, belum termasuk dari jembatan Pante Teungoh ke arah muara sungai, sedangkan lebarnya sekitar 3 meter di bantaran dan 2 meter anjungan menjorok ke sungai," ucap Bukhari,ST yang didampingi oleh Konsultan Pengawas Kegiatan, Mursal, ST.


Disebutkan, pengerjaan proyek tersebut sudah dimulai sejak November dan berakhir sampai Agustus 2021, target kemajuan pekerjaan sampai akhir Desember 2020 sekitar 10 persen. "Kegiatan yang sedang dilaksanakan ini dari Kementerian PUPR dengan anggaran Rp15 milyar lebih, bersumber APBN, dan dikerjakan oleh rekanan PT. Putra Nanggroe Aceh," terang Bukhari.


Sementara Hera Yuanda, Urban Planner Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Pidie mengatakan, program penataan Krueng Baro, termasuk kegiatan pedestrian bagian dari penataan kota berdasar hasil survei yang dilakukan Kotaku Pidie, dan telah mendapat verifikasi dan disetujui pusat.


"Program Kotaku dalam rangka penataan sungai krueng baro ini berskala kawasan, meliputi beberapa gampong di Kota Sigli yang dilintasi sungai krueng baro, sehingga penanganannya melalui APBN," jelas Hera.


Dalam pelaksanaannya, sambungnya, dimulai dari sisi Blok Sawah-Pante Tengoh, nanti akan dilanjutkan ke sisi pasar lama, Kramat Dalam, juga arah ke muara dari jembatan Pante Teungoh.


Informasi dari berbagai sumber, bagian kegiatan dari jembatan Pante Teungoh ke arah muara, pembebasan lahannya masih dalam proses yang dilakukan oleh Instansi terkait dengan warga setempat.(AA)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Program Penataan Sungai Krueng Baro Sigli Sedang Dikerjakan

Terkini