Adsense

Iklan

Percepat Penyusunan APBG, DPMG Pidie Sampaikan Pagu DG Kesetiap Gampong

REDAKSI
1/27/21, 14:02 WIB Last Updated 2021-05-29T14:10:01Z

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Pidie,Mutiin, S.IP, M.Si

NOA | Sigli - Pagu Dana Desa (DD) atau disebut Dana Gampong (DG) untuk Provinsi Aceh, dari pemerintah pusat di Kabupaten Pidie pada tahun 2021 mencapai Rp524 miliar lebih, sedangkan Alokasi Dana Gampong (ADG) masih dalam pembahasan oleh DPRK setempat.


Dari Rp524 miliar lebih dana gampong yang diperuntukan kepada 730 gampong yang ada di Pidie, Provinsi Aceh, Gampong Mane, Kecamatan Mane merupakan penerima DG tertinggi, sebesar Rp4.397.426.680,-


Sedangkan gampong dengan Dana Gampong terendah adalah Gampong Krueng, Kecamatan Muara Tiga, sebesar Rp674.676.680. "Tinggi rendahnya penerimaan DG suatu gampong sudah diatur dengan peraturan menteri," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Pidie,Mutiin, S.IP, M.Si, Rabu (27/01/2021).


Lebih lanjut dikatakannya, sebagai upaya percepatan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG), pagu DG dan Siskeudes 2021 sudah dibagi kesetiap Gampong. 


"Tata cara pengalokasian DG meliputi Alokasi Dasar yaitu DG minimal yang akan diterima setiap gampong secara nasional, Alokasi Afirmasi dengan memperhatikan status gampong tertinggal dan tingkat kemiskinan penduduknya," sebut Mutiin. 


Kemudian, terangnya, Alokasi Formula yaitu dengan memperhatikan jumlah penduduk, tingkat kemiskinan gampong, luas wilayah,dan tingkat kesulitan geografis gampong tersebut.


"Pencairan dana gampong nantinya dibagi dalam tiga tahap, tahap I 40 persen, tahap II 40 persen, dan tahap III 20 persen," jelas Kepala DPMG, didampingi Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Mukim dan Gampong, Amarullah,ST.


Sementara, menyangkut dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada keluarga tidak mampu ataupun memenuhi syarat khusus, imbas Covid-19 kini berlanjut seiring dengan keluarnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa, tertanggal 28 Desember 2020.


"BLT DG pada tahun 2021 ini diberikan selama 12 bulan, januari sampai Desember, besarannya Rp.300/bulan/KK, dan jumlah penerima, dari data sebelumnya mencapai 27.587 KK di 730 gampong dari 23 Kecamatan dalam Kabupaten Pidie. Tentunya penerima BLT adalah mereka yang memenuhi persyaratan sesuai peraturan Menteri Desa PDTT," kata Kepala DPMG Pidie. 


Untuk pencairannya, lanjutnya, dibagi dalam tiga tahap, pada tahap I diberikan untuk 5 (lima) bulan, tahap II untuk 5 (lima) bulan, dan tahap III untuk 2 (dua) bulan. "Setiap gampong, wajib menganggarkan dana BLT, sesuai pasal 39 Peraturan Menteri Keuangan nomor 222/PMK.07/2020," tegas Mutiin.


Sebagaimana diketahui, dari laman Kemenkeu RI, menteri Sri Mulyani mengatakan, pada tahun 2021 ada desa yang mendapat perlakukan khusus, adalah desa yang bekinerja baik, mampu mengatasi persoalan sendiri atau desa mandiri.


Untuk desa tersebut, pencairan dana desanya bisa dalam dalam dua tahap, tahap I 60 persen, dan tahap II 40 persen. (AA)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Percepat Penyusunan APBG, DPMG Pidie Sampaikan Pagu DG Kesetiap Gampong

Terkini

Adsense