Iklan

Pilchiksung Belum Jelas, Ketua DPRK Abdya Berharap Dapat Dilaksanakan Di Tahun 2021

REDAKSI
2/08/21, 15:39 WIB Last Updated 2021-04-17T08:25:26Z
Ketua DPRK Abdya, Nurdianto


NOA | Abdya - Polemik pelaksanaan Pemilihan Keuchik (Pilkades) serentak di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) masih dalam pembicaraan hangat ditengah-tengah masyarakat. Pasalnya, berhitung bulan seluruh Keuchik di Kabupaten Breuh Sigupai akan habis masa jabatanya.


Ketidakjelas pelaksanaan Pilchiksung serentak di Kabupaten Abdya terancam ditunda pelaksanaannya pada tahun 2021 akibat tidak ada anggaran Protokol Kesehatan (Prokes) untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD).


Selain itu, juga tidak ada anggaran untuk pembelian Handsanitizer dan alat pencegahan Covid-19 dalam rangka pelaksanaan Pilciksung di Abdya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2021.


Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Abdya, Nurdianto berharap agar PIlchiksung serentak bisa berlangsung di tahun 2021. "Pada prinsipnya sebagian besar Anggota DPRK Abdya, berharap dan setuju jika pemilihan keuchik serentak dilaksanakan tahun 2021," sebutnya.


Menurutnya, pelaksanaan pilkades serentak itu bisa dilaksanakan berdasarakan Perbup Bupati Abdya tahun nomor 50 tahun 2020 tentang Perioritas Penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Gampong serta Bagian Dari Hasil Pajak dan Restribusi tahun Anggaran 2021.


"Dana Desa sebenarnya bisa digunakan untuk protkes pelaksanaan pemilihan keuchik ini,  sebagai mana yang tertuang dalam Perbub Bupati Abdya nomor 20 tahun 2020 di poin 27," terang Nurdianto.


Terkait kekuatiran adanya sangketa Pilkades, politisi Demokrat tersebut mengakui, hal itu hanya berbicara tentang teknis pelaksanaan. "Jika ada sangketa Pilkades ini bermuara pada pemotongan DAU, tapi itu semua tergantung teknis yang kemudian kita tuangkan dalam Perbup," tutur Nurdianto.


Yang penting, lanjutnya, semua eleman harus sepakat dulu tentang pelaksaaan pemilihan keuchik serentak tersebut. "Kita juga berencana akan memanggil Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk menghitung berapa kebutuhan kebutuhan anggaran penerapan protkes dalam pilkades serentak di Abdya," kata Nurdianto.(RED).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pilchiksung Belum Jelas, Ketua DPRK Abdya Berharap Dapat Dilaksanakan Di Tahun 2021

Terkini