Iklan

LSM PuTra Sorot Migas Pijay Bak Jalangkung "Datang Tidak Dijemput, Pulang Tidak Diantar"

MUHAMMAD RISSAN
4/04/21, 13:50 WIB Last Updated 2021-04-04T07:27:45Z

LSM PuTra Sorot Migas Pijay Bak Jalangkung "Datang Tidak Dijemput,  Pulang Tidak Diantar"

NOA | Pidie Jaya -  Lembaga Swadaya Masyarakat Publick Transparency (LSM PuTra ) Kabupaten Pidie Jaya pertanyakan kejelasan isu minyak dan gas (Migas) di lepas pantai Kabupaten Pidie Jaya.


Hal itu di ungkapkan oleh Direktur LSM PuTra Zikrlillah,  Sp kepada Media NOA.com, Minggu (04/04/2021).

Zikrlillah menyebutkan isu adanya potensi Migas di lepas Pantai Kabupaten Pidie Jaya sudah berhembus sejak tahun 2017 pasca gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya tahun 2016, namun sampai ini potensi Migas dikabupaten ini masih dalam angan-angan bak jalangkung "datang tidak di jemput,  pulang tidak di antar"  


Zikrlillah juga menambahkan, Informasi yang yang beredar di tengah masyarakat bahwa pada Tahun 2018 sudah ada Beberapa perusahaan yang melakukan penelitian terkait potensi migas di Pidie Jaya yaitu Perusahaan Repsol dari Spanyol dan Perusahaan Mubadalah dari Abu Dhabi. Hasil penelitian dua perusahaan tersebut terdeteksi bahwa terdapat pontensi migas yang sangat besar di lepas pantai laut Kabupaten Pidie Jaya. 


"Rencana pembuktian hasil penelitian kedua perusahaan tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2019 yang lalu dengan cara dilakukannya pengeboran kecil. Namun sampai saat ini rencana pembuktian ini belum ada tanda-tanda untuk dilaksanakan," kenang Zikrlillah 


Lanjutnya, Kabarnya keberadaan Potensi Migas di lepas pantai laut Pidie Jaya juga sudah ada respon positif dari  Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus (SKK) Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Sumatera Bagian Utara (SKK Migas Sumbagut), sehingga pada pada bulan Mei 2019 yang lalu SKK Migas Simbagut berkunjung ke Pidie Jaya guna meperkuat silalaturahmi dalam rangka kerjasama pengelolaan Migas di Kabupaten Pidie Jaya.


Lebih lanjut Zikrlillah mengatakan, Kejelasan isu potensi migas di laut Pidie Jaya perlu dipertanyakan, ini nyata atau hanya mimpi belaka, karena ini menyangkut dengan hajatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pidie Jaya dan Masyarakat Aceh ke depan secara umum dan menyeluruh.


"Kami berharap Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dan Pemerintah Aceh yang menjadi kewenangan dalam hal ini untuk dapat menjelaskan ke publik mengenai kejelasan potensi migas di laut Pidie Jaya. 


Dan  masyarakat di Kabupaten Pidie Jaya juga berharap jika potensi Migas di Pidie Jaya ini nyata, maka pengeborannya juga harus di lakukan di Kabupaten Pidie Jaya, jadikan migas di Pidie Jaya sebagai produk Alam Kabupaten Pidie Jaya," Pinta Zikrlillah (MR) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • LSM PuTra Sorot Migas Pijay Bak Jalangkung "Datang Tidak Dijemput, Pulang Tidak Diantar"

Terkini