Iklan

Bupati Tgk Amran Menyambut Kedatangan BPH Migas

REDAKSI
5/10/21, 09:43 WIB Last Updated 2021-05-29T13:59:03Z
NOA | Aceh Selatan - Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, menyambut kedatangan Kepala Badan Pengatur Hilir Migas, M. Fanshurullah Asa, dalam rangkaian kegiatan “BPH Migas Goes to Sumatera” bertempat di SPBUN Komplek TPI Keude Meukek, pada hari Minggu 9 Mei 2021 sore.

Di kesempatan tersebut, Kepala BPH Migas bertemu langsung serta melakukan tanya jawab dengan Ferizal selaku pemilik sekaligus pengelola SPBUN 18237010 PT. BAN LAKU LINGGANG pada Komplek TPI Keude Meukek, Minggu (10/05/2021).

Bupati Tgk. Amran yang didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, Dzumairi, S.Pt. MT, menjelaskan bahwa saat ini sebenarnya telah tersedia Cold Storage, namun terkendala beban operasi listrik yang sangat tinggi hingga mencapai 90 juta perbulan. 

"Hal ini membuat mitra pengelola terkendala dan mengakibatkan Cold Storage dengan infrastruktur bantuan APBN ini belum berfungsi dengan optimal," jelasnya.

Penjelasan tersebut juga ditambahkan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan Dzumairi, S.Pt, MT, menyampaikan bahwa kapasitas Cold Storage untuk menyimpan produksi ikan tersebut mencapai 100 ton. Namun dengan kendala listrik sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bupati Aceh Selatan, mengakibatkan hasil tangkapan yang diperoleh harus segera disuplai ke daerah lain seperti Medan.

Sementara itu, Kepala BPH Migas M, Fanshurullah Asa menanggapi permasalahan tersebut dengan memberikan masukan agar Aceh Selatan segera mendirikan pabrik misalnya, Sarden, agar sebagian produksi ikan dapat dikelola, menyerap tenaga kerja, serta membuka potensi kuliner seafood sebagaimana telah dimulai oleh daerah lain. 

"Terkait permasalahan listrik, Fanshurullah menyarankan agar disiasati dengan konversi energi dari listrik ke gas dengan menggunakan Isotank LNG," ujarnya.

Setelah berkunjung ke Aceh Selatan, pada malam harinya rombongan BPH Migas langsung melanjutkan perjalanan ke Banda Aceh untuk bertemu dengan Gubernur Aceh dan BPMA. Berbagai permasalahan yang didapatkan selama kunjungan lapangan, akan dibicarakan dengan Gubernur Aceh. (Rilis/RED)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Tgk Amran Menyambut Kedatangan BPH Migas

Terkini