Iklan

Buka Edukasi Dan Sosialisasi PPKM Skala Mikro, Camat Kuala Batee Sampaikan Hal Ini

REDAKSI
6/17/21, 11:00 WIB Last Updated 2021-06-17T08:10:43Z

 

Babinsa Koramil 02/Kuala Batee, Sertu Iskandar saat menyampaikan arahannya pada kegiatan edukasi dan sosialisasi PPKM Mikro di Gampong Krueng Batee

 

NOA | Abdya – Camat Kuala Batee, Khairuman membuka kegiatan edukasi dan sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro di Gampong Krueng Batee, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (17/6/2021).

 

Disela-sela kegiatan tersebut, Khairuman kepada awak media mengakui, kegiatan PPKM Barbasi Mikro tersebut merupakan bentuk ikhtiar pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

"Acara edukasi dan sosialisasi tentang pelaksanaan PPKM mikro ini sebagai ikhtiar kita bersama untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19," sebut Khairuman.

 

Dalam pelaksanaan edukasi dan sosialisasi tersebut, Khairuman menyebutkan, melibatkan melibatkan unsur Forkopincam, dalam hal tersebut Babinsa dan Bhabimkamtibmas. “Dasar pelaksanaan PPKM Berbasis mikro itu adalah surat intruksi pemerintah secara berjenjang mulai dari pusat hingga daerah,” terangnya.

 

Intruksi tersebut, katanya, masing-masing yakni, surat intruksi Mendagri Nomor: 443/0619/BPD, intruksi Gubernur Aceh dan surat edaran Bupati Abdya. “Pada surat-surat tersebut, diperintahkan membentuk posko Corona Virus Disease-19 (Covid-19) di tingkat desa,” terang Khairuman.

 

Terpisah, Keuchik Kreung Batee, Mhd. Ali menjelaskan, posko relawan Covid-19 atau PPKM Mikro tersebut memiliki 4 fungsi, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung.

 

“Berdasarkan instruksi tersebut, posko Covid-19 ini berbeda dengan tahun lalu, sebab sesuai lampiran surat Mendagri para relawan harus berasal dari perangkat desa, unsur tokoh masyarakat dan lembaga yang memiliki jabatan dalam desa,” terang Mhd. Ali.

 

Sementara itu, Babinsa Koramil 02/Kuala Batee, Sertu Iskandar yang didampingi Bhabimkamtibmas Bripka Muhammad Redha mengharapkan ada kerjasama semua unsur dan lembaga di Gampong untuk memberantas Covid-19.

 

“Kita berharap masyarakat mendukung kegiatan ini, salah satunya ya seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Virus Covid memang tidak terlihat, meskipun demikian kita harus tetap waspada," tegas Iskandar.

 

Lebih jauh, dikatakan Iskandar pihaknya sebagai Babinsa akan terus memastikan posko PPKM Mikro tersebut akan selalu aktif. “Sesuai instruksi posko ini wajib harus aktif. Posko itu akan menjadi pusat informasi dan edukasi terhadap masyarakat mengenai bahaya Covid-19, kami personel Polsek dan Koramil akan melakukan patrol rutin,” katanya.

 

Senada Iskandar, Bripka Muhammad Redha juga meminta petugas relawan di posko harus melakukan pendataan warga yang masuk dan keluar gampong. "Posko PPKM mikro ini, selain berfungsi mencegah dan menangani, para relawan juga harus bisa mengedukasi masyarakat agar patuh dan taat pada protokol kesehatan," singkatnya.

 

Pantauan awak media ini, dalam kegiatan tersebut tetap mempedomani protokol kesehatan, selaian dihadiri Camat, aparatur Gampong juga sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama serta takoh pemuda dalam Gampong setempat.(RED).

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Buka Edukasi Dan Sosialisasi PPKM Skala Mikro, Camat Kuala Batee Sampaikan Hal Ini

Terkini