Iklan

Bupati Dan Wakil Bupati Ikuti Upacara Peringatan Lahir Pancasila Secara Virtual

REDAKSI
6/01/21, 16:50 WIB Last Updated 2021-06-01T09:50:44Z

 

Bupati Dan Wakil Bupati Ikuti Upacara Peringatan Lahir Pancasila Secara Virtual

NOA | Meulaboh - Bupati Aceh Barat H. Ramli MS yang juga di dampingi oleh Wakil Bupati Drs. H. Banta Puteh Syam, SH, MM mengikuti upacara nasional peringatan hari lahirnya Pancasila tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual di ruang rapat Bupati Aceh Barat. Selasa (1/6/2021).

  

Upacara yang mengusung tema Pancasila dalam tindakan bersatu untuk Indonesia tangguh ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Barat, perwakilan danrem 012/TU, serta para peserta upacara lainnya.

  

Dalam kesempatan tersebut, Presiden H. Joko widodo selaku Inspektur upacara, menyampaikan bahwa, peringatan hari lahir Pancasila yang setiap tahun diperingati ini harus mampu mengokohkan nilai-nilai pancasila dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  

“Walaupun kemerdekaan Indonesia sudah lama kita rasakan, namun tantangan yang di hadapi dalam penerapan nilai Pancasila terus meningkat di tengah era globalisasi saat ini,” ujar Jokowi.

  

Jokowi mennyebutkan bahwa saat ini ideologi transnasional radikal terus mengalami peningkatan seiring dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan di era 4.0 ini.

  

“Untuk itu kita harus mampu mengantisipasinya demi menjaga Bangsa ini dari segala ancaman radikalisme yang bisa memecah belah anak bangsa,” ujar Jokowi.

  

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa dalam menghadapi pendangkalan nilai Pancasila yang terjadi saat ini, tidak bisa dihadapi hanya dengan cara yang biasa. Menurutnya, Indonesia harus mampu memanfaatkan segala perkembangan teknologi yang ada dalam menghadapi ideologi transnasional yang saat ini mulai masuk ke Indonesia.

 

Jokowi menegaskan bahwa Pancasila harus menjadi pondasi dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar terhindar dari segala ideologi yang dapat mengancam kedaulatan Bangsa dan Pancasila di era globalisasi.

  

Presiden Republik Indonesia ini juga mengajak semua pihak mulai dari pusat hingga daerah untuk bersatu padu serta pro aktif dalam menerapkan nilai pancasila dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.(Vian).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Dan Wakil Bupati Ikuti Upacara Peringatan Lahir Pancasila Secara Virtual

Terkini

Adsense