Iklan

Danramil dan Babinsa Kodim Aceh Selatan Ikuti Bin Siap Apwil dan Puanter

REDAKSI
6/16/21, 18:01 WIB Last Updated 2021-06-16T12:26:56Z

NOA | Aceh Selatan  - Danramil dan Personil Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan mengikuti Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Bin Siap Apwil dan Puan Ter).


Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Makodim setempat dengan anjuran protokol kesehatan dan diawasi oleh Pabandya Puanter Sterdam Iskandar Muda Mayor Inf Lim Abdul Muksit, S.Ag berserta stafnya, Rabu (16/06/2021).


Dandim Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M, Yusuf, S,I,Kom melalui Kasdim Mayor Inf Abdurrokhim, S,Ag menyampaikan dalam doktrin Kartika Eka Paksi yang disahkan dengan keputusan Panglima TNI Nomor Kep/184/II/2018 Tanggal 28 Februari 2018 bahwa pembinaan teritorial Binter merupakan salah satu fungsi utama TNI AD. Sehingga setiap satuan jajaran TNI AD dalam situasi dan kondisi apapun harus melaksanakan Binter. 


"Maka Binter ini guna untuk mendukung tugas pokoknya terutama dalam penyiapan Ruang Alat dan Kondisi (Rak) Juang yang tangguh guna penyelenggaraan sistem pertahanan semesta (Sishanta)," sebut Kasdim.


Kasdim melanjutkan, TNI AD sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia dituntut untuk dapat memaksimalkan fungsi satuan teritorial dalam penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.


Hal ini yang menyebabkan TNI AD harus menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi tersebut dimana satu dari peran satuan teritorial adalah menciptakan kekuatan kewilayahan yang dapat diandalkan, sehingga secara nyata tercipta daya tangkal yang tangguh.


"Dengan kegiatan Binter ini kepada para Danramil dan Babinsa agar benar-benar mengikuti dengan seksama serta memahami materi-materi yang akan di sampaikan oleh pamateri," pesan Kasdim.


Sementara itu, Pabandya Puanter Ster Dam IM, Mayor Inf Lim Abdul Muksit, S,Ag dalam arahannya mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan pembinaan teritorial, aparat kewilayahan perlu memahami pengetahuan yang terkandung dalam materi binsiap apwil dan puanter serta harus mampu menerapkan dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial baik secara perorangan maupun satuan.


"Melalui penyelenggaraan kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial ini di harapkan dapat meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan teritorial di wilayah," katanya


Disamping itu, sasaran kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kerja baik manajemen teritorial maupun pembinaan wilayah.


"Tentunya kami mengharapkan kegiatan ini dapat dijadikan sebagai alat ukur dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja guna dalam menunjang tugas khususnya di Kodim 0107/Aceh Selatan," harapnya. (RED).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Danramil dan Babinsa Kodim Aceh Selatan Ikuti Bin Siap Apwil dan Puanter

Terkini

Adsense