Iklan

Bupati Aceh Barat Terima Kunjungan Kerja Tim Pansus DPRA

REDAKSI
8/11/21, 19:50 WIB Last Updated 2021-08-11T14:04:05Z

 

Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS menerima kunjungan kerja Tim pansus DPRA di ruang rapat Bupati setempat


NOA l Aceh Barat - Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS menerima kunjungan kerja Tim panitia khusus (Pansus) Daerah Pemilihan (Dapil) X Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) di Ruang Rapat Bupati setempat, Rabu (11/8/2021).



Dalam pertemuan tersebut, selain bupati, tim yang diketuai oleh Fuadri, S.Si., M.Si dalam rangka evaluasi terhadap Kegiatan Dana Otsus Aceh Tahun 2020 dan Dana Transfer dari Provinsi serta Dana Refocusing COVID-19 juga turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Aceh Barat.



Serta Kepala BPKD Aceh Barat, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Aceh Barat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pj Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kepala Dinas Pertanian, Direktur Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh, serta Tim Pansus Dapil X DPRA lainnya.



Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS menyampaikan bahwa Kemajuan Aceh Barat dapat tercapai apabila adanya sinergitas yang baik antara pemerintah Kabupaten dengan Provinsi dan didukung oleh DPRA sebagai badan legislatif dalam mengelola dana otonomi khusus (otsus) yang jumlah nya cukup besar.



"Harus ada kekompakan jika ingin melakukan percepatan pembangunan di Aceh Barat ini. Menurutnya, pembangunan suatu daerah tidak bisa hanya dilakukan sendiri namun butuh dukungan dari pihak lain yakni dari Provinsi dan legislatif," ucap Ramli MS.



Lebih lanjut, Ramli MS mengatakan dengan adanya sinergitas tersebut diharapkan serapan anggaran otsus yang tersedia bisa dimaksimalkan sehingga tidak terdapat Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) di tahun sebelumnya.



"Padahal sisa anggaran yang tidak terserap tersebut bisa dipergunakan untuk pembangunan Kabupaten/kota apabila pengelolaannya di serahkan kepada Pemerintah Kabupaten/kota," imbuh Ramli MS.



Lebih lanjut, Ramli MS mengatakan, bahwa penyelesaian pembangunan irigasi Lhok Guci yang terletak di Kabupaten Aceh Barat sangat penting untuk dituntaskan.



"Irigasi yang sumber pendanaannya dari APBN tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor pertanian," ungkap Ramli MS.



Selain itu, ia juga meminta dukungan kepada DPRA untuk dapat menyelesaikan pengaspalan jalan ringroad yang belum teraspal sepanjang 7 km lagi. 



"Jalan ringroad di Kabupaten Aceh Barat ini sangat bermanfaat untuk memajukan serta membangkitkan ekonomi masyarakat yang berada di pelosok," papar Ramli.



Ramli MS berharap kegiatan pembangunan yang tertunda di tahun 2020 lalu dikarenakan adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 dapat dilanjutkan kembali. 



Menurutnya, program pembangunan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna menunjang kemajuan di Kabupaten Aceh Barat.



Sementara itu, Ketua tim Pansus, Fuadri, S.Si., M.Si, menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan kunjungan kerja anggota DPRA dapil X tahun 2021 dalam rangka melaksanakan tugas legislatif.



"Tugas itu yakni melakukan peninjauan lapangan ke dapil masing-masing guna melakulan pengawasan terkait dengan kegiatan dana otonomi khusus (otsus) tahun 2020," ujar Fuadri.



Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap dana transfer dari Pemerintah Aceh serta dana refocusing Covid-19 di setiap wilayah Dapil X yakni di Kabupaten Aceh jaya, Aceh Barat, Nagan raya, dan Simeulue.



"Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mendengar paparan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2020 lalu sekaligus berdiskusi tentang kegiatan prioritas yang akan didukung oleh Provinsi," ujar Fuadri.



Fuadri juga mengapresiasi program Bupati Aceh Barat dalam penanganan Covid-19, salah satunya pemberian dana bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi di Kabupaten Aceh Barat.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Aceh Barat Terima Kunjungan Kerja Tim Pansus DPRA

Terkini

Adsense