Iklan

Pemkab Aceh Selatan Plot 2 Miliar Beasiswa Santri

REDAKSI
8/09/21, 13:31 WIB Last Updated 2021-08-09T06:47:54Z
Farid Wajidi

NOA | Aceh Selatan - Pemerintah Aceh Selatan melalui Dinas Pendidikan Dayah menyiapkan anggaran beasiswa santri tahun 2021 sebesar 2 Miliar.

"Hal tersebut juga tertuang dalam surat edaran nomor: 460/07/VII/2021, tentang penyaluran bantuan sosial bagi santri Aceh Selatan," kata Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Selatan, Farid Wajidi kepada NOA.co.id, diruang kerjanya, Senin (09/08/2021).

Farid mengatakan, beasiswa ini merupakan program yang perdana dan diperuntukan bagi santri yang menimba ilmu di Dayah atau Pesantren dalam daerah maupun luar daerah Aceh Selatan.

"Untuk penerima beasiswa tersebut ada tiga kategori, yaitu santri kurang mampu, santri berpretasi dan santri diluar daerah," katanya.

Lebih lanjut, Farid menjelaskan, bahwa beasiswa santri kurang mampu yang belajar di Dayah yang terdaftar di Dinas Pendidikan Dayah Aceh Selatan dengan ketentuan, tipe A masing-masing 20 orang, tipe B masing-masing 17 orang, tipe C masing-masing 14 orang dan non tipe masing-masing 12 orang.

Kemudian, santri yang berpretasi dengan peringkat 10 besar yang belajar di Dayah yang terdaftar di Dinas Pendidikan Dayah Aceh Selatan dengan ketentuan, tipe A masing-masing 6 orang, tipe B masing-masing 5 orang, tipe C masing-masing 4 orang dan non tipe masing-masing 3 orang.

"Sedangkan untuk santri yang berpretasi dengan nilai rangking 10 besar yang belajar kelas akhir tingkat Aliyah pada Dayah tipe A + di luar Aceh Selatan dalam Provinsi Aceh dengan ketentuan, masing-masing Dayah 5 orang," jelasnya.

Farid juga menjelaskan, pihaknya hanya melakukan penelitian atau verifikasi terhadap permohonan yang diajukan dan memproses berkas permohonan santri yang lolos verifikasi dan dinyatakan lengkap.

Pihaknya mengharapkan kepada para camat dalam memberikan rekomendasi untuk dapat melakukan penelitian atau verifikasi terhadap Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Keuchik.

"Bagi pihak penerima untuk dapat bertanggungjawab penuh dan bersedia mengembalikan beasiswa santri bila dokumen yang diberikan tidak sesuai dengan sebenarnya," tegas Farid. 

Ini tahapan dan jadwalnya

1.Sosialisasi dimulai pada tanggal 6 sampai 20 Agustus 2021.

2.Penerimaan berkas pada 23 Agustus sampai tanggal 8 September 2021.

3.Verifikasi berkas tanggal 9 sampai 17 September 2021.

4.Pengumuman hasil verifikasi pada tanggal 21 September 2021.

5.Penandatanganan dokumen pencairan pada tanggal 27 sampai 30 September 2021.

6.Penyaluran pada tanggal 22 Oktober 2021 yang bertepatan dengan Hari Santri. (RED)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Aceh Selatan Plot 2 Miliar Beasiswa Santri

Terkini