Iklan

Rifki Hariantoni Dan Zuwidah Dewi Duta Wisata, Sekda Aceh Barat Sampaikan Hal Ini

REDAKSI
8/15/21, 22:00 WIB Last Updated 2021-08-16T03:03:04Z

 

Pemilihan Duta Wisata Aceh Barat


NOA l Meulaboh - Pemilihan Agam Inong Duta Wisata Aceh Barat Tahun 2021 yang diselenggarakan Pemerintah setempat menetapkan Rifki Hariantoni dan Zuwidah Dewi sebagai juara 1, Minggu (15/8/2021).



Selain Juara 1, Duta Wisata Aceh Barat juga menetapkan Juara 2 yakni M. Faris Ridhatillah dan Ama Julma Naytsa, serta Juara 3 Muhammad Noza dan Dina Rauzah.



Selain itu, Juara Favorit diperoleh oleh agam dan inong Ferri Rismawan dan Ulya Nabila, Kategori Berbakat, Aulia Al Arrahman dan Dara Sa Fhounna.



Kategori Intelegensi, Muhammad Farhan dan Rauzatul Jannah, serta Kategori Ekonomi kreatif, Syahrul Ardi dan Raudhatul Jannah.



Dalam penetapan itu, Sekda Aceh Barat, Marhaban, SE. menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan pemilihan duta wisata Aceh Barat ini. 



Menurutnya, duta wisata yang terpilih nanti diharapkan dapat menjadi mitra bagi pemerintah guna berkolaborasi dalam mengembangkan potensi pariwisata di Bumi Teuku Umar tersebut.



Lebih lanjut, Marhaban mengatakan bahwa Kabupaten Aceh Barat memiliki beragam destinasi wisata yang dapat menjadi aset daerah. 



"Untuk itu, perlu adanya perhatian dari semua pihak guna mendorong pengembangan sektor pariwisata ini secara terpadu dan menyeluruh," ungkap Sekda.



Diakuinya, Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Jadi harus dikembangkan dengan serius," imbuh Marhaban.



Lebih lanjut, Marhaban menyebutkan, ajang tersebut merupakan wadah untuk melahirkan putra-putri yang kreatif, inovatif, dan berwawasan luas.



"Sehingga mampu menjadi duta wisata yang piawai dalam mempromosikan wisata daerah seperti destinasi wisata, produk wisata, serta program-program pariwisata di Kabupaten Aceh Barat," ucap Marhaban.



Marhaban mengatakan bahwa tujuan pariwisata tidak hanya sekedar mendatangkan wisatawan semata, namun harus mampu menciptakan citra daerah yang baik.



"Sektor pariwisata dapat mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat di daerah," sebut Marhaban.



Selain itu, Marhaban mengingatkan bahwa ditengah kondisi pandemi Covid-19, kunjungan ke lokasi wisata harus dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Aceh Barat.



"Sektor pariwisata harus bisa menjadi motor dalam menggerakkan roda perekonomian rakyat di tengah kondisi sulit yang diakibatkan oleh pandemi Covid 19 saat ini," harap Marhaban.



Sementara itu, Kepala dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Aceh Barat, Abdullah SS, menyampaikan bahwa pemilihan duta wisata Aceh Barat tahun 2021 dilakukan melalui 3 tahapan antara lain seleksi administrasi, seleksi penilaian, serta seleksi penentuan.



"Selanjutnya barulah dilakukan pemilihan sekaligus penobatan terhadap finalis yang terpilih sebagai duta wisata terbaik tingkat Kabupaten Aceh Barat oleh dewan juri, instruktur, dan panitia pelaksana," lanjut Abdullah.



Lebih lanjut, Abdullah mengatakan finalis yang mencapai ke tahapan seleksi penentuan ini berjumlah 7 agam dan 7 inong yang nantinya akan dipilih sebagai duta wisata yang akan mewakili Kabupaten Aceh Barat ke tingkat Provinsi yang rencananya akan diselenggarakan di Kota Banda Aceh mendatang.



"Kegiatan ini merupakan salah satu event promosi daerah di sektor kepariwisataan dan budaya guna memperkenalkan kepada daerah lain tentang destinasi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Aceh Barat, baik wisata alam maupun wisata religi," ujar Abdullah.



Ia juga berharap kepada duta wisata yang terpilih agar dapat memberikan hasil terbaik yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Aceh Barat di tingkat Provinsi.



Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Barat, Plt. Kepala dinas DP3AKB Kabupaten Aceh Barat, Perwakilan DPRK Aceh Barat, Camat Johan Pahlawan, Perwakilan Universitas Teuku Umar, para dewan juri, para finalis duta wisata Aceh Barat tahun 2021 serta para tamu undangan lainnya.(RED).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rifki Hariantoni Dan Zuwidah Dewi Duta Wisata, Sekda Aceh Barat Sampaikan Hal Ini

Terkini