Iklan

ASN Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh screening kesehatan Dalam rangka HDKD 2021

10/15/21, 19:29 WIB Last Updated 2021-10-15T12:29:28Z
BANDA ACEH- Sejumlah ASN Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, mendapatkan screening kesehatan dalam deteksi dini kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan oleh Puskesmas Jeulingke, Kamis (15/10/2021).


Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HDKD 2021. Ia juga menyambut baik kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dengan Puskesmas Jeulingke tersebut.


“Saya mengucapkan terimakasih kepada Puskesmas Jeulingke, semoga kita bisa jaga kesehatan dan mengantisipasinya sejak dini,” ujar Meurah Budiman.


Meurah Budiman menghimbau jajarannya untuk menerapkan pola hidup sehat dan melakukan cek kesehatan secara rutin, menghindari asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet seimbang dan sehat, serta menghindari stres.


Sementara itu, pengelola program PTM Puskesmas Jeulingke, Dewi Sri Wahyuni di sela kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan mendeteksi dan melihat faktor risiko PTM pada masyarakat khususnya di Kanwil Kemenkumham Aceh.


“Penyakit tidak menular yang dimaksud antara lain hipertensi, diabetes melitus dan kolesterol tinggi, sehingga bisa kita cegah. Kalau sudah tinggi, kita anjurkan pengobatan,” katanya.


Dewi menjelaskan, adapun tes yang dilakukan dalam mendeteksi dini kasus PTM, diantaranya wawancara pola hidup dan pola makan sehari-hari, aktivitas fisik, merokok, penimbangan berat badan, tinggi, lingkar perut, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol serta konsultasi gizi.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • ASN Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh screening kesehatan Dalam rangka HDKD 2021

Terkini