Iklan

Gubernur Aceh Nova Iriansyah Resmikan Gedung Serbaguna Masyarakat Aceh di Riau

REDAKSI
1/17/22, 12:03 WIB Last Updated 2022-01-17T05:03:47Z


Pekanbaru - Masyarakat Aceh yang tinggal di Provinsi Riau kini memiliki gedung serbaguna yang telah direnovasi dan disempurnakan pembangunannya oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim). Gedung tersebut diresmikan Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada Minggu (16/1).


Peresmian gedung serbaguna tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Aceh dan Gubernur Riau pada momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Persatuan Masyarakat Aceh (Permasa) Provinsi Riau di Kota Pekanbaru. Gedung ini berada di Kompleks Permasa Centre, tepatnya di Jalan Air Hitam Raya, Kelurahan Bina Widya, Kecamatan Bina Widya, Kota Pekanbaru.


Dalam siaran pers dari Humas Setda Aceh disebutkan, fasilitas untuk perkumpulan masyarakat itu awalnya dibangun secara gotong royong oleh persatuan masyarakat Aceh di Riau pada tahun 2015, namun terbengkalai selama empat tahun karena pembangunan yang belum sempurna. Pada tahun 2021 lalu, Pemerintah Aceh melalui Dinas Perkim membantu merenovasi sehingga gedung tersebut menjadi sempurna dan nyaman digunakan.


Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutamanya masyarakat Aceh di Riau hingga pembangunan gedung serbaguna tersebut dapat diselesaikan. Ia berharap fasilitas tersebut dapat bermanfaat untuk segala kegiatan masyarakat Aceh di Riau.


"Tanah Aceh adalah tanah yang mulia, karena itu saya berpesan agar masyarakat Riau asal Aceh dapat selalu menjaga sikap. Kemuliaan Aceh harus dijaga dengan sikap yang mulia," kata Nova.


Ia merasa yakin jika masyarakat Aceh yang menetap di Riau dapat hidup berdampingan dengan masyarakat asli. Masyarakat Aceh juga dapat mendukung pembangunan melalui berbagai sektor, dan utamanya adalah menyiarkan syiar Islam.


Terkait peringatan maulid, Nova menjelaskan agenda tersebut sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh dalam memuliakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Ia mengatakan, peringatan tersebut bahkan diperingati sampai tiga bulan oleh masyarakat Aceh.


Sementara itu, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar mengatakan, masyarakat Aceh yang ada di Riau berperan penting dalam membantu pembangunan daerah yang ia pimpin tersebut. Ia menyebut, di seluruh kabupaten/kota terdapat masyarakat asal Bumi Serambi Makkah.


Langkah Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyempurnakan pembangunan gedung serbaguna tersebut menuai rasa syukur dan terima kasih dari masyarakat Aceh yang merantau di Riau. Ketua Permasa Provinsi Riau, Fauzan, menyampaikan apresiasinya atas bantuan Gubernur Aceh yang telah merenovasi dan menyempurnakan pembangunan gedung serbaguna tersebut.


"Gedung ini mulai kami bangun sejak tahun 2015 untuk tempat perkumpulan dan pelaksanaan kegiatan masyarakat Aceh di Riau. Namun karena tidak selesai, gedung ini terbengkalai selama empat tahun karena belum selesai," ujar Fauzan yang menjabat sebagai Camat Payung Sekaki di Pekanbaru.


Ia mengatakan, gedung yang terbengkalai karena belum selesai tersebut disempurnakan pembangunannya oleh Pemerintah Aceh pada tahun 2021. Ia merasa sangat senang, kini fasilitas tersebut sudah dapat dimanfaatkan masyarakat Aceh di Riau untuk perkumpulan silaturahmi dan melaksanakan ragam kegiatan, terutama kegiatan keagamaan.


Selain Gubernur Riau, peringatan Maulid Nabi sekaligus peresmian gedung serbaguna juga dihadiri oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus. Sementara itu, ikut mendampingi Gubernur Aceh, Kepala Dinas Perkim Aceh, Teuku Mirzuan, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh, Muhammad Iswanto, Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh, Almuniza Kamal dan Staf Khusus Gubernur Aceh, Wiradmadinata.


Kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tersebut diramaikan sekitar 1.500 masyarakat Aceh di Riau. Mereka datang dari berbagai kabupaten/kota di daerah tersebut.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gubernur Aceh Nova Iriansyah Resmikan Gedung Serbaguna Masyarakat Aceh di Riau

Terkini

Adsense