Adsense

Iklan

Haji Uma Minta Polda Sumut Serius Tangani Kasus Oknum BANPOL Pungli Warga Aceh

1/29/22, 02:11 WIB Last Updated 2022-01-28T19:11:20Z

Jakarta _ Sudirman atau yang lebih kerap disapa Haji Uma Anggota DPD RI asal Aceh, meminta Polda Sumatera Utara untuk lebih serius dan tegas dalam menangani kasus pungli atau pemerasan kepada warga Aceh pengguna jalan yang kerap dilakukan oleh oknum polisi dan Banpol diwilayah perbatasan Aceh - Sumatera Utara. Selasa 25/01/2022.


Hal itu disampaikan Haji Uma menyikapi proses pengusutan yang saat ini sedang dilakukan oleh Polda Sumatera Utara terhadap oknum Banpol dan polisi yang diduga terlibat tindak pemerasan (pungli) kepada warga Aceh di Pos Lantas Polsek Gebang, Kabupaten Langkat, Sumut. 


"Ini bukan kasus pertama terjadi dan hari ini kembali berulang. Untuk itu, kita berharap komitmen Kapolda Sumut untuk mengusut tuntas dan transparan serta memberikan sanksi tegas bagi seluruh oknum pelaku yang terlibat agar tidak berulang kembali kedepannya" kata Haji Uma.


Haji Uma juga menyesalkan penggunaan warga sipil sebagai BANPOL dengan atribut polisi oleh Polantas di Polsek Gebang dalam melaksanakan tugas dan fungsi polisi. 


Karena hal tersebut dalam melaksanakan tugasnya dapat menyalahi aturan yang ada, Huji Uma mendukung BANPOL ditiadakan.  


"Penggunaan BANPOL dengan atribut polisi untuk menjalankan tugas dan fungsi polisi seperti razia, sering menyalahi aturan yang ada, baiknya BANPOL ditiadakan" beber Haji Uma. 


Haji Uma mengatakan bahwa berulangnya kasus pungli oleh oknum polisi terhadap warga Aceh diwilayah hukum Sumut makin mencoreng citra Polri dimata publik. 


Karena itu, pengusutan kasus di Polantas Gebang diharapkan berjalan transparan dan tuntas guna menunjukkan bahwa institusi Polri di daerah konsisten menjalankan program Polri Presisi.


Selain itu, Haji Uma juga meminta semua pihak dan masyarakat ikut mengawal proses langkah pengusutan yang sedang berjalan saat ini agar transparan dan tuntas. Sehingga kasus serupa tidak pernah berulang kembali kedepannya. 


"Mari kita kawal kasus ini agar transparan dan tuntas. Siapapun oknum yang terlibat harus mendapat tindakan sanksi yang tegas. Sehingga kasus serupa tidak lagi berulang dan menimpa masyarakat, khususnya warga Aceh pengguna jalan diwilayah hukum Sumut" ajak Haji Uma.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Haji Uma Minta Polda Sumut Serius Tangani Kasus Oknum BANPOL Pungli Warga Aceh

Terkini

Adsense