Iklan

SMAN 3 Banda Aceh Gelar Pameran Produk Kreativitas Siswa

1/07/22, 13:58 WIB Last Updated 2022-01-07T06:58:04Z
BANDA ACEH - SMAN 3 Banda Aceh menggelar pameran produk kreativitas siswa, Kamis (6/1/2022) di pekarangan sekolah tersebut.


Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengaktualisasi pengembangan bakat minat para siswa.


Hadir mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Banda Aceh-Aceh Besar, Mohd Iqbal mengatakan, pameran produk kreativitas siswa merupakan arahan langsung dari Gubernur Aceh, Sekda dan Kadis Pendidikan Aceh.


Dengan adanya pameran di sekolah-sekolah, diharapkan terbentuknya kemandirian dan kreativitas siswa dan sekolah yang ada di Aceh, khususnya Banda Aceh- Aceh Besar.


Menurut Iqbal, terlaksananya kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dari pihak sekolah, komite, dan dinas untuk menggali kreativitas dalam menunjang bakat minat para siswa.


“Dan hasilnya luar biasa dapat kita lihat sendiri, baik itu produk olahan kayu, makanan, minuman, kerajinan tangan, dan lainnya. Tadi kami langsung mengkonsumsi dan membelinya,” katanya.


Sebagai perpanjangan tangan Kadisdik Aceh di Kota Banda Aceh-Aceh Besar, Iqbal memiliki tanggung jawab untuk mensupport kegiatan pameran tersebut, oleh karena itu setiap ada pameran di sekolah Kacabdin selalu membeli hasil kreativitas siswa untuk dipakai dan dipajang di kantornya. 


Iqbal menuturkan, sejauh ini hampir 70 persen sekolah di Banda Aceh sudah melaksanakan pameran, menariknya sudah banyak produk yang dibeli oleh beberapa perusahaan di Aceh.


“Bazar ini adalah upaya kita bersama dalam hal ini kepala sekolah, komite, pengawas, dinas dan pihak-pihak lainnya untuk mempromosikan sekolah dan produk-produknya ke luar,” kata Iqbal.


Untuk sekolah-sekolah yang belum melaksanakan pameran, Iqbal percaya bukan tidak mau melainkan belum dilaksanakan karena harus menyesuaikan dengan waktu yang ada, apalagi selama ini pandemi Covid-19.


“Harapan kami semua ini dilakukan. Kita tidak melihat dari produknya atau kualitasnya, yang kita lihat keberaniannya. Bangsa yang besar yaitu bangsa yang berani menggunakannya produknya sendiri walaupun belum maksimal tapi lama-kelamaan akan disempurnakan,” kata Iqbal di sela-sela meninjau stand bazar siswa.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 3 Banda Aceh, Syarwan Joni mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan ajang aktualisasi pengembangan bakat minat serta penerapan nilai-nilai pendidikan Pancasila.


Syarwan menuturkan, dalam menunjang kreativitas siswa selain memberikan pengetahuan melalui mata pelajaran di kelas, harus juga ada ruang yang diberikan kepada seluruh siswa untuk mengembangkan bakat minatnya, terlebih lagi SMAN 3 Banda Aceh merupakan salah satu dari 5 sekolah penggerak di Banda Aceh.


“Salah satu wujud kurikulum dari sekolah penggerak adalah memberikan ruang gerak dan kesempatan seluasnya-luasnya dengan prinsip merdeka belajar sehingga siswa bisa belajar sesuai fase dan pengembangannya. Kemudian menerapkan profil projek pelajar pancasila dimana siswa dituntut untuk kreatif dan mandiri sebagaimana yang kita lihat saat ini merupakan bagian dari kegiatan rutinitas di SMAN 3 Banda Aceh, tutup Syarwan.(feby) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SMAN 3 Banda Aceh Gelar Pameran Produk Kreativitas Siswa

Terkini