Iklan

Lewat Dayah Perbatasan, Munculkan Kader Ulama

REDAKSI
2/25/22, 12:01 WIB Last Updated 2022-02-25T05:01:59Z


Banda Aceh - Keberadaan Dayah Perbatasan di Aceh terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan untuk munculnya kader kader ulama di perbatasan.


"Ini untuk mendukung program pemerintah Aceh dalam hal ini Dinas Pendidikan Dayah Aceh menciptakan kader-kader ulama di perbatasan," jelas Kepala UPTD Dayah Perbatasan dan Muq Pagar Air, Sufriyadi, ST mewakili Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri, Selasa (15/2/2022).


Selain itu,  dengan adanya dayah perbatasan juga supaya dapat menjaga dari aqidah yang menyimpang dari generasi muda


Dikatakannya, rata-rata santri diatas 500 orang, dan untuk tenaga pendidik dan penunjang diangkat sebagai tenaga kontrak dari pemerintah Aceh.


Saat ini, lanjutnya sudah menerima penyerahan sertifikat tanah dayah perbatasan ke pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh, sudah ada 4 dayah perbatasan.


Disebutkan, Dayah Darul Amin seluas 10 ha di Aceh Tenggara, Dayah Safinatussalamah seluas 20 ha di Aceh Singkil. Dayah Min Ajussalam seluas 10 ha di Kota Subulussalam dan Dayah Manarul Islam seluas 5 ha di Aceh Tamiang.


"Untuk MUQ dari Yayasan ke pemerintah Aceh juga sudah selesai pada tahun 2019," jelas Sufriyadi.


Lanjutnya, dengan demikian maka akan dikelola oleh pemerintah Aceh dan ini untuk tertib aset pemerintah Aceh.


Dikatakannya, ada dayah perbatasan seperti di Subulussalam dan Aceh Singkil dengan dayah Salafiyyah (tradisional) dan Dayah di Aceh Tamiang dan Aceh Tenggara dengan sistem terpadu kurikulumnya.


Ia berharap dengan fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik demi memperkuat misi dayah perbatasan.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lewat Dayah Perbatasan, Munculkan Kader Ulama

Terkini

Adsense