Adsense

Iklan

Babinsa Kodim 0108/Agara: Budidaya Kambing Etawa dapat Dongkrak Perekonomian

REDAKSI
3/21/22, 15:52 WIB Last Updated 2022-03-21T08:52:19Z
Aceh Tenggara - Serda Semedi Joko Susilo, selaku Babinsa Koramil 01/Lawe Sigala-gala Kodim 0108/Agara, menjadi motivator masyarakat untuk budidaya kambing etawa di Desa Suka Jaya, Kecamatan Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara.

Di tengah kesibukannya sebagai Babinsa, Serda Semedi meluangkan waktunya dan memberanikan diri  untuk mencoba membudidayakan kambing etawa, dengan membeli sepasang kambing etawa tersebut.

Dalam budidaya kambing tersebut, ia memiliki luas areal lokasi tanah 30 x 27 meter persegi dan luas tempat ternak kandang kambingnya 4 x 10 meter.

Dengan kurun waktu lebih kurang lima tahun, Serda Semedi Joko Susilo berhasil mengembangkan kambingnya hingga saat ini mencapai 35 ekor kambing dengan rata - rata dalam setahunnya. Ia mampu menjual pertahunnya mencapai 20 sampai 25 ekor kambing etawa tersebut.

"Berbagai kebutuhan konsumen, mulai dari acara Khitanan, Lebaran Idul Fitri, Idul Adha dan pembelian anak kambing," ujar Babinsa di lokasi budidaya kambing etawa, Senin 21 Maret 2022.

Menurut Serda Semedi Joko Susilo, dengan ternak kambing, juga mendapatkan keuntungan dari hasil kotoran kambingnya, karena dapat difermentasikan untuk dijadikan pupuk kompos buat tanaman buah.

"Dalam satu karung 15 Kg harga jualnya bisa dibandrol Rp. 30.000." katanya.

Ketertarikan dengan hasil yang didapatkannya, membuat masyarakat melirik usaha Serda Semedi Joko Susilo. Salah satu warga binaannya, Hasan Barsi (43) mengikuti jejak Babinsa bergelut untuk membudidayakan kambing etawa tersebut.

"Dalam waktu empat tahun kambingnya dapat berkembang mencapai 25 ekor. Dengan dijualnya 20 ekor kambing pak Hasan mampu membeli sebidang tanah," kata Babinsa.

Untuk itu, Serda Semedi berharap, masyarakat lainnya untuk termotivasi mengikuti jejak dirinya dalam membudidayakan kambing etawa. Karena menurutnya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Saya merasa senang, melalui ilmu yang saya miliki dan saya tularkan dapat membantu masyarakat mendongkrak perekonomian, khususnya kepada warga binaan saya," ungkap Babinsa.(MS/ril).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Babinsa Kodim 0108/Agara: Budidaya Kambing Etawa dapat Dongkrak Perekonomian

Terkini

Adsense