Iklan

Tingkatkan Kapasitas PSM, Dinas Sosial Aceh Besar Lakukan Bimtek

REDAKSI
3/24/22, 08:10 WIB Last Updated 2022-03-24T01:10:38Z


Aceh Besar - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Aceh Besar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Dasar Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Aceh Besar tahun 2022, di Aula Dinas Sosial di Kota Jantho, Rabu (23/3/2022). 


Kepala Dinas Sosial Aceh Besar, Bahrul Jamil, SSos, MSi, mengatakan, PSM merupakan pekerja sosial yang rela kerja siang malam dan ikhlas bekerja membantu masyarakat dalam persoalan sosial masyarakat apapun. 


"Ketika teman-teman mengajukan diri sebagai PSM, berarti kalian telah menghibahkan diri untuk masyarakat, jadi apapun persoalan yang terjadi tentang sosial masyarakat adah tanggungjawab kalian," katanya. 


Menurutnya, PSM merupakan kerja sosial tanpa imbalan, jadi PSM itu benar-benar pekerja sosial yang harus memiliki rasa ikhlas yang tinggi. "PSM tidak digaji, jadi jangan beranggapan mendaftar PSM berarti relawan memiliki gaji, semuanya ikhlas bekerja untuk masyarakat," ujarnya. 


Bahrul Jamil  juga menjelaskan, pekerja sosial harus peka terhadap lingkungan, karena PSM bekerja tidak sesuai program Pemerintah. 


"PSM bertugas di wilayahnya masing-masing, jadi ketika menemukan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di lingkungannya, PSM harus siap melakukan pendampingan dan segera mencari solusi, jadi PSM benar-benar harus peka terhadap lingkungannya," kata Bahrul.


Bahrul juga menjelaskan, PSM merupakan pekerjaan sangat mulia, maka dari itu,  diharapkan kepada para pekerja sosial tidak berkecil hati dan terus memberikan pengabdian terbaiknya, apalagi ditengah tantangan tugas yang berat. 


"Banyak orang yang salah menilai, pekerja sosial bukan hanya sekedar pekerja sosial biasa, ini tugas mulia, PSM ini gradenya tinggi di mata Allah jadi jangan berkecil hati, berikan pengabdian terbaik untuk masyarakat," ujarnya. 


Sementara itu, ketua panitia pelaksana, Norman Maroshi SH mengatakan, tujuan bimtek PSM adalah pemberian bekal pengetahuan dasar tentang sosial masyarakat sekitar, pemahaman dasar tentang kerja-kerja sosial yang harus dilakukan oleh relawan yang tergabung dalam PSM di lapangan.


"Mudah-mudahan bimtek ini dapat meningkatkan kapasitas PSM," ujar Norman.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Kapasitas PSM, Dinas Sosial Aceh Besar Lakukan Bimtek

Terkini

Adsense