Iklan

Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi II Diupayakan Dapat Dipakai Mudik

REDAKSI
4/18/22, 17:09 WIB Last Updated 2022-04-18T10:09:15Z


Banda Aceh - PT Hutama Karya (HK) berupaya agar jalan Tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi dua dapat digunakan masyarakat Provinsi Aceh untuk perjalanan mudik Idul Fitri 1443 Hijriah.


“Insya Allah seksi 2 ini, kita usahakan bisa melayani pengguna jalan pada Lebaran nanti,” kata Branch Manajer Ruas Tol Sibanceh PT Hutama Karya Jarot Seno Wibawa di Banda Aceh, Senin, 18 April 2022.


Ia menjelaskan ruas jalan tol Sibanceh seksi dua meliput Seulimum-Jantho dengan jarak 6 kilometer. Ruas ini sudah memiliki surat keputusan pengoperasian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).


Selain ruas tol yang sudah siap untuk beroperasi, pihaknya juga telah menyiapkan petugas tol serta semua peralatan untuk pengoperasian. Hutama Karya juga telah mengajukan tanggal pengoperasian ruas seksi 2 tersebut kepada Kementerian PUPR, namun kini masih harus menunggu instruksi pengoperasian.


“Begitu ada instruksi untuk operasional nanti langsung kita operasi. Kita sudah lapor untuk tanggal pengoperasian, cuma belum ada tanggapan dari Kementerian PUPR,” kata Jarot.


Apabila ruas tol seksi 2 mulai beroperasi, maka total ruas Tol Sibanceh yang telah rampung dan beroperasi meliputi tiga seksi, yakni seksi 2 Seulimum-Jantho, seksi 3 Jantho-Indrapuri dan seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang, dengan total jarak 36 kilometer.


Menurut Jarot, selama ini Ruas Tol Jantho, Indrapuri dan Blang Bintang secara konektivitas masih belum maksimal, lantaran ruas Jantho dan Blang Bintang jauh dari jalan lintas nasional.


“Insya Allah kalau seksi 2, gerbang Seulimum ini cukup dekat dengan jalan lintas. Kita berharap pengguna akan tertarik untuk masuk dan memanfaatkan jalan tol untuk mempermudah, mempercepat transportasi para pengguna jalan,” katanya.


Sedangkan seksi 5 dan seksi 6 sedang dalam proses pengerjaan, ditargetkan selesai fisik pada pertengahan tahun ini. Seksi 1 ditargetkan rampung pada akhir 2022.


Jalan Tol Sibanceh secara keseluruhan nantinya akan dilengkapi dengan tujuh Gerbang Tol dan enam Simpang Susun atau interchange. Selain itu, tol sepanjang 74 km ini akan memiliki dua buah Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area Tipe A yang terletak di seksi 3 (Jantho – Indrapuri) KM 37 dan seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) KM 54.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi II Diupayakan Dapat Dipakai Mudik

Terkini

Adsense