Iklan

Pangdam IM Ceramah Ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman

REDAKSI
4/08/22, 06:01 WIB Last Updated 2022-04-07T23:02:01Z
Banda Aceh - Memasuki hari ke lima Ramadhan 1443 H, Pangdam IM Mayjen TNI Mohamad Hasan beserta beberapa pejabat Kodam IM melaksanakan ibadah sholat Isya dan Tarawih berjamaah bersama masyarakat Aceh di Masjid Raya Baiturahman (MRB), Kamis 7 April 2022.

Diterima oleh Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman, Prof. Dr. Tgk H. Azman Ismail, Lc. M.A. dan dilanjutkan sholat Isya berjamaah yang dipimpin oleh Imam Masjid, Pangdam lalu menyampaikan ceramah ramadhan di hadapan ratusan jamaah Masjid Raya Baiturahman, dengan tema “Memelihara Keutuhan Bangsa”.

Pada awal ceramah Pangdam IM atas nama keluarga besar Kodam Iskandar Muda, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, diiringi harapan semoga kita semua dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Jenderal bintang dua itu lalu menyampaikan bahwa rakyat Indonesia terus memupuk kebersamaan dan  merawat perbedaan, sebagai sumber kekuatan yang dilandasi oleh semangat keagamaan yang  kuat dengan selalu tetap menjaga kedaulatan, keutuhan dan mencintai bangsa dan negaranya sesuai "hubbul  wathan minal iman" yaitu mencintai bangsa tanah air adalah sebagian dari iman.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam mengajak segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama menampilkan sikap islami *Ummatan Wahidatan* _yaitu sikap Umat Islam yang bersatu bersama umat lainnya, dengan menghargai perbedaan, toleransi dan saling tolong menolong dlm kebaikan_, yang diimplementasikan dengan sikap cinta tanah air, adanya rasa memiliki, bangga, menghargai, menghormati dan loyalitas, serta sikap membela dan menjaga kepentingan bangsa dan negara, mencintai adat atau budaya yang ada dan juga menjadikan negeri yang aman dan sentosa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila.

“Sinergitas seluruh komponen masyarakat sangat diperlukan dalam rangka memberikan ketenangan, pemahaman dan wawasan kepada umatnya agar tidak terjerumus pada tindakan yang memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa,” ucap Pangdam IM.

Sebelum mengakhiri ceramahnya, Pangdam IM juga mengajak kita semua berdo'a kepada Allah SWT, agar bangsa kita dijadikan bangsa yang sejahtera, adil, makmur, aman dan damai "baldatun thayyibatun warabbun ghofur".(MS/ril).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pangdam IM Ceramah Ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman

Terkini

Adsense