Adsense

Iklan

Universitas Syiah Kuala (USK) Raih 9 Besar Perguruan Tinggi Inovasi Terbaik Nasional

Admin
4/14/22, 21:03 WIB Last Updated 2022-04-14T14:03:31Z

Banda Aceh - Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, berhasil menduduki peringkat kesembilan sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik di tingkat nasional. Informasi ini berdasarkan dari Scimago Institutions Rankingsb(SIR) yang merilis daftar kampus terbaik di Indonesia tahun 2022.


Hasil penilaian tersebut ada beberapa kampus memperoleh peringkat yangbsama. Itu berarti lembaga pendidikan tinggi itu mendapat balai sama saatbdilakukan peninjauan atau survei.


Berikut ini urutan tingkatan yang sesuai penilaian oleh lembaga SIR yangbdikenal termasuk pemeringkatan kelas Internasional itu.


Peringkat pertama adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Peringkat ke 2 Institut Teknologi Bandung (ITB) dan ke 3 Universitas Surabaya.


Adapun urutan ke 4 yaitu Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), ke 5 Universitas Pendidikan Ganesha dan Universitas Ageng Tirtayasa. Lalu urutan ke 6 adalah Universitas Indonesia (UI), ke 7 Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Bina Nusantara (Binus).


Berikutnya urutan 8 jatuh kepada Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Sepuluh November Surabaya (ITS), Universitas Padjajaran dan Universitas Udayana. Kemudian urutan ke 9 berhasil diraih oleh Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh.


SIR yang merupakan lembaga pemeringkatan dunia tersebut merilis 51 perguruan tinggi terbaik di Indonesia, baik swasta maupun negeri. Dari 51 perguruan tinggi tersebut, USK berhasil berada di peringkat sembilan dengan nilai 431. Sementara jika secara umum, USK berada di peringkat sebelas perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi lembaga pemeringkatan dunia ini.


Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USK Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si., M.Tech, Rabu (13/4) mengatatakan, pencapaian ini merupakan sebuah kebanggaan bagi USK. Sebab pemeringkatan versi Scimago ini sangat memperhitungkan jumlah publikasi ilmiah bereputasi dari institusi yang disitasi oleh dokumen paten pada database www.epo.org.


Selain itu, Scimago juga mengukur persentase publikasi ilmiah yang disitasi oleh dokumen paten terhadap total publikasi ilmiah bereputasi tersebut dalam beberapa bidang ilmu, serta jumlah usulan paten yang diajukan.


"Pengukuran inovasi versi Scimago ini cukup objektif karena diukur dari dokumen paten dan sitasinya yang sangat mengandalkan kebaruan," tutur Taufik.


Dikatakan Taufik, selama ini USK melalui LPPM telah menerapkan beberapa kebijakan untuk mendorong para peneliti USK dalam menghasilkan luaran-luaran penelitian yang berkualitas dan terekognisi internasional.


Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan mengaku bersyukur sekaligus bangga atas pencapaian USK di urutan 9. Prestasi ini semakin memotivasi untuk meningkatkan kualitas riset dan inovasinya. Apalagi, universitas kebanggaan masyarakat Aceh ini akan segera bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH). Sehingga perhatian terhadap riset dan inovasi harus semakin besar dan lebih serius lagi.


"Prestasi ini menjelaskan bahwa upaya meningkatkan kualitas riset dan inovasi sudah on the track. Kita ingin hal ini terus berlanjut, agar kehadiran USK bisa terus memberi manfaat luas lagi bagi masyarakat," jelas Rektor.


Ketua Pusat Pengembangan Inovasi dan Hilirisasi USK Dr. Ir. M. Dirhamsyah, M.T menambahkan, selama ini USK memang memberikan perhatian serius terhadap inovasi. Sebab itu berperan penting untuk mengurai permasalahan di masyarakat, serta mampu memberi nilai tambah yang dapat dikomersilkan.


"Untuk itulah, beberapa kebijakan strategis dilakukan USK, di antaranya mendirikan Pusat Pengembangan Inovasi dan Hilirisasi, serta adanya skim khusus untuk mendukung inovasi di kampus ini," ujar Dirhamsyah.


Dirhamsyah juga mengungkapkan, semua kebijakan strategis USK ini bertujuan mengintegrasikan semua aspek inovasi yang berawal dari prototipe riset. Lalu pengembangan berbasis riset dasar dan terapan, hingga menjadi produk inovasi yang dapat dikomersilkan secara terukur dengan tingkat kesiapan teknologi.


"Hasilnya, sejak 2019 peneliti USK berhasil mewujudkan sejumlah produk inovasi. Dan Alhamdulillah, tahun ini Inovasi USK berhasil mencapai peringkat sembilan di jajaran perguruan tinggi nasional versi SIR," ujar Dirhamsyah.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Universitas Syiah Kuala (USK) Raih 9 Besar Perguruan Tinggi Inovasi Terbaik Nasional

Terkini

Adsense