Iklan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Bersama Pemkab Aceh Tamiang Gelar Kegiatan Kampanye Membaca

REDAKSI
5/26/22, 20:17 WIB Last Updated 2022-05-26T13:17:39Z
Aceh Tamiang - Asisten Administrasi Umum, Drs. Tri Kurnia membuka kegiatan Kampanye Membaca Tingkat Kabupaten Aceh Tamiang. Kegiatan yang digelar Selasa (24/3/22) kemarin bertempat di aula SKB Karang Baru.


Tri yang menyampaikan amanat Bupati Aceh Tamiang mengatakan Kepada sekitar 200-an siswa yang menjadi peserta Kampanye Membaca, selain keterbatasan prasarana, perkembangan teknologi komunikasi dan informatika yang tidak dimanfaatkan secara tepat menyebabkan tingkat kemampuan literasi masyarakat naik.


“Menurut Unesco, kita nomor dua terbawah dalam hal literasi dunia. Ini menunjukkan minat baca kita masih sangat rendah. Padahal dengan kemajuan teknologi sekarang, membaca bisa dilakukan di mana saja,” ujarnya.


“Kalau mau jadi doktor seperti Pak Edi Yandra, yuk kita banyak membaca. Karena dengan membaca kita bukan hanya membuka jendela dunia, tapi juga menanamkan ilmu ke dalam diri dan membentuk kebiasaan positif,” kata Tri memotivasi para siswa itu.


Di akhir penyampaiannya, Tri menyebutkan diperlukan inovasi dan peran serta aktif para pemangku kepentingan untuk membangkitkan minat membaca masyarakat.


Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr. Edi Yandra, S.STP MSP, dalam paparannya turut mengamini ajakan Bupati yang disampaikan Tri Kurnia. Dikatakan Edi, kemampuan literasi suatu bangsa linier dengan kemajuan bangsa tersebut.


Edi yang merupakan doktor Ilmu Komunikasi tersebut mengajak para siswa untuk memanfaatkan teknologi digital guna memunculkan kebiasaan membaca.


“Namun kita harus bijak dan berhati-hati. Karena tidak semua konten bahan bacaan digital berisi bahan yang membangun, bahkan malah sebaliknya, tidak relevan dan tidak memberikan informasi yang beredukasi,” urainya.


Kampanye Membaca kemarin digelar selama satu hari. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dengan Bagian Perpustakaan dan Kearsipan Setdakab Aceh Tamiang. Turut menjadi pemateri Kampanye Membaca Dr. Rita Syntia Mursil yang merupakan Ketua TP-PKK dan Bunda PAUD Aceh Tamiang.***
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Bersama Pemkab Aceh Tamiang Gelar Kegiatan Kampanye Membaca

Terkini

Adsense