Adsense

Iklan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) Gelar Workshop Penyusutan Arsip

REDAKSI
5/30/22, 17:11 WIB Last Updated 2022-05-30T10:11:37Z


Banda Aceh - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh menggelar kegiatan Workshop Penyusutan Arsip Tahun 2022, Senin (30/05/2022) di hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Kegiatan ini digelar untuk memotivasi peserta melaksanakan pemusnahan arsip di SKPA sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr. Edi Yandra, SSTP, MSP, dalam sambutannya saat membuka kegiatan workshop mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang prosedur penyusutan arsip.

Penyusutan arsip merupakan salah satu sarana penting untuk mengatasi masalah bertumpuknya arsip yang tidak mempunyai nilai guna lagi.

 "Arsip yang sudah tidak berguna lagi, perlu dimusnahkan untuk memberi ruang bagi tersedianya tempat penyimpanan dan pemeliharaan arsip yang lebih baik,” ujar Edi Yandra.

pada saat membuka kegiatan Workshop Penyusustan Arsip tahun 2022, dihotel Hermes Palace, Banda Aceh, Senin (30/5/2022).

Edi Yandra juga menambahkan, dalam unit kearsipan sangat penting dilakukan penyusutan arsip untuk itu setiap pengelolaan arsip perlu memiliki Jadwal Retensi Arsip (JRA) sebagai acuan penyusutan arsip, sesuai Perka ANRI Nomor 37 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusutan Arsip.

Penyusutan arsip adalah kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan, pemusnahan arsip yang tidak memiliki nilai guna, dan penyerahan arsip statis kepada lembaga kearsipan.

Menurutnya penyusutan juga penting dilakukan agar dapat dipilah mana arsip yang penting dan masih berlaku, hingga pengelolaan dan pencariannya juga mudah dilakukan.

Sementara itu ketua panitia Workshop Penyusutan Arsip Tahun 2022, Drs. Zuhri, MM, mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 40 orang dari seluruh SKPA.(MS/ril).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) Gelar Workshop Penyusutan Arsip

Terkini

Adsense