Adsense

Iklan

Hingga Mei 2022, Satgas Saber Pungli Sebut 323 Kepala Daerah Ditangkap Karena Korupsi

REDAKSI
5/18/22, 17:02 WIB Last Updated 2022-05-18T10:02:36Z


Meulaboh - Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) menyebut sebanyak 323 kepala daerah di Indonesia telah ditangkap karena korupsi. Jumlah itu tercatat hingga Mei 2022.


"Terakhir seminggu lalu Bupati Bogor Ade Yasin, sehingga total kepala daerah yang tersandung masalah korupsi menjadi 323 orang," kata Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Agung Makbul di Meulaboh, Selasa (17/5/2022) malam.


Makbul mengatakan, pemerintah begitu gencar memberantas korupsi melalui penegakkan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Namun masih saja ada kepala daerah yang tersandung kasus korupsi.


Makbul menegaskan, tindak pidana korupsi dan pungli telah merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Untuk mencegah kepala daerah tersandung korupsi, Satgas Saber Pungli menurutnya terus menggelar sosialisasi, edukasi tentang Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli.


"Saber pungli itu pengendali dan penanggung jawabnya Menkopolhukam. Saya hadir di Aceh Barat untuk memberikan edukasi dan sosialisasi atas undangan Bupati Aceh Barat," kata perwira tinggi Polri ini.


Menurut Makbul, sosialisasi dilakukan untuk menuju zona integritas Wilayah Berbasis Korupsi (WBK) dan wilayah Birokrasi  Bersih Melayani (WBBM) di Aceh Barat.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hingga Mei 2022, Satgas Saber Pungli Sebut 323 Kepala Daerah Ditangkap Karena Korupsi

Terkini

Adsense