Iklan

Dinsos Aceh Siap Fasilitasi Pemulangan 3 TKI Asal Aceh di Malaysia

REDAKSI
6/14/22, 14:58 WIB Last Updated 2022-06-14T07:58:49Z


Banda Aceh - Kepala Dinas Sosial Aceh Dr. Yusrizal menyebutkan, pihak Pemerintah Aceh telah melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk pemulangan sebanyak 3 TKI asal Aceh yang kini berada di Negeri Jiran Malaysia.


Saat ini pihak Pemerintah Aceh dalam hal ini Dinas Sosial Aceh telah berkomunikasi dengan BP2MI Aceh dan Ketua Solidaritas Ummat Bansigom Aceh (SUBA) di Malaysia, Tgk Bukhari Bin Ibrahim.


"Bahwa ada 3 TKI asal Aceh yang akan dipulangkan Pemerintah Aceh, diantara tiga (3) TKI itu sebanyak dua orang berasal dari Aceh Tamiang dan satu orang asal Pidie, ke-3 nya untuk sementara di tampung oleh SUBA Aceh di Malaysia, sembari menunggu penyelesaian administrasi para TKI," Sambung Yusrizal.


Lebih lanjut, Yusrizal mengungkapkan, untuk melakukan pemulangan para TKI tersebut perlu waktu untuk penyiapan segala kebutuhan terutama menyangkut dengan kelengkapan dokumen para TKI tersebut dan agar apa yang menjadi hak mereka dapat terpenuhi.


"Ini berkenaan dengan aturan negara di sana yang tentu harus kita hormati. Saya berharap tim dari Dinas Sosial Aceh dapat segera terhubung dengan pihak KBRI di Malaysia, untuk proses lebih lanjut" sebut Yusrizal.


Perlu diketahui, khusus untuk pemulangan TKI/PMI, Dinsos Aceh bekerjasama dgn BP2MI Aceh untuk proses pemulangan dari luar negeri sampai ke tempat asal TKI/PMI itu sendiri.


"Misalnya saat melakukan pemulangan Azizah asal Lhokseumawe yang koma di Malaysia dan Syarifah asal Banda Aceh yang terkena stroke dan sempat terlantar di Malaysia. Alhamdulillah mereka sukses dibantu dan diserahkan kepada keluarga mereka," katanya.


Kepada Ketua SUBA Aceh Tgk Bukhari, para masyarakat Aceh yang ada di Malaysia serta KBRI di Kuala Lumpur atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Aceh menyampaikan ungkapan terima kasih atas bantuan selama ini.


"Tentu sangat membantu kami pemerintah Aceh dalam memfasilitasi warga yang Aceh yang bermasalah di sana, dengan hadirnya perkumpulan masyarakat Aceh di Malaysia," sebut Yusrizal.


Sejauh ini, Dinas Sosial Aceh, setiap masuk laporan tentang adanya warga Aceh yang terlantar berusaha untuk selalu ditindaklanjuti sesuai dengan arahan Bapak Gubernur.


"Insya Allah, semampunya akan kami bantu," tutup Yusrizal.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinsos Aceh Siap Fasilitasi Pemulangan 3 TKI Asal Aceh di Malaysia

Terkini

Adsense