Iklan

Kampung Siaga Bencana (KSB) Lembah Seulawah Dibentuk, Bupati Apresiasi Kemensos RI

REDAKSI
6/24/22, 10:17 WIB Last Updated 2022-06-24T03:17:06Z


Aceh Besar - Bupati Aceh Besar Ir. H. Mawardi Ali memberikan applause atas simulasi Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelamatan korban bencana alam yang diperagakan oleh tim Kampung Siaga Bencana (KSB) Lembah Seulawah saat penutupan pengukuhan KSB Lembah Seulawah di Lapangan SMK PP Saree, Kamis (23/6/2022).


Dalam kesempatan tersebut, Mawardi Ali juga mengapresiasi pembentukan KSB di Kecamatan Lembah Seulawah oleh Kementerian Sosial RI mengingat Aceh Besar merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana.


“Jadi, pembentukan KSB merupakan langkah yang tepat untuk Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam penanggulangan bencana,” katanya.


Ia berharap kepada relawan KSB yang telah dikukuhkan dapat memberikan ilmu yang diperoleh kepada masyarakat lainnya dan semoga menjadi contoh serta dapat diikuti oleh kecamatan lain dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.


“Nah hal ini harus dapat diikuti oleh setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Besar meskipun tanpa bantuan dana dari Pemerintah,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Aceh Besar menerima bantuan dari Kementrian Sosial sebesar Rp. Rp. 138.118.950 Jt yang digunakan untuk lumbung sosial KSB Lembah Seulawah.
“Bantuan itu diberikan Kemensos RI untuk lumbung sosial KSB, jadi saat terjadi bencana KSB Lembah Seulawah memiliki logistik tanpa bantuan dari pemerintah,” ungkap Mawardi Ali.


Sementara itu, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial RI, Drs. Iyan Kusmadiana, MPs, SP mengatakan, KSB merupakan salah satu bentuk perpanjangan tangan pemerintah melalui Kemensos untuk penanggulangan bencana berbasis masyarakat.


“Dengan demikian masyarakat mampu melakukan penanganan bencana saat terjadi bencana dan menjadi investasi untuk masyarakat,” pungkas Iyan.


Hadir dalam kesempatan itu, unsur Forkopimda Aceh Besar, Kepala Dinas Sosial Aceh, para kepala OPD dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar, Camat dan unsur Muspika Kecamatan Lembah Seulawah, dan Pilar-Pilar Sosial.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kampung Siaga Bencana (KSB) Lembah Seulawah Dibentuk, Bupati Apresiasi Kemensos RI

Terkini

Adsense