Adsense

Iklan

Ombudsman RI Perwakilan Aceh Endus Pungli Rumah Duafa, Masyarakat Diminta Untuk Melapor

Admin
6/14/22, 08:31 WIB Last Updated 2022-06-14T01:33:24Z


Banda Aceh - Ombudsman RI Perwakilan Aceh mengendus adanya praktik pungutan liar (pungli) terhadap penerima bantuan rumah duafa.  Masyarakat diminta segera melapor dengan disertai bukti yang cukup dan identitas pelapor akan dirahasiakan.


“Memang pungli rumah kaum duafa sudah kita endus. Namun Sejauh ini belum ada yang resmi melapor ke Ombudsman. Silahkan masyarakat kalau mau melapor. Ombudsman Aceh tentu menunggu,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Aceh Abyadi Siregar, Senin (13/6/2022).


Abyadi mengatakan, sejauh ini Ombudsman masih menunggu aduan masyarakat soal pungli terhadap penerimaan rumah duafa. dengan begitu Ombudsman bisa segera menindaklanjuti laporan tersebut, sepanjang  memenuhi syarat formil dan materil,” ujarnya.


Ia menekankan, agar masyarakat untuk tidak takut melapor. Sebab kata Abyadi, menurut informasi yang diterima Ombudsman adanya pungli sebesar Rp 10 hingga Rp 15 juta.


Walaupun itu baru dugaan sebutnya, Ombudsman tetap terlebih dulu menerima laporan dari masyarakat dengan disertai bukti yang jelas. “Ini kan soal pungli, sangat sensitif. Maka dari itu kita harus mempunyai data yang jelas,” ujar Abyadi.


Selain itu, (Plt) Kepala Ombudsman Aceh itu juga mendorong aparat penegak hukum (APH) yang menjadi tim Saber Pungli untuk segera turun mengatasi masalah dugaan pungli tersebut.


Kita mengharapkan peran APH. Jadi karena itu sudah sangat meresahkan dan menjadi pembicaraan di masyarakat. Maka tim Saber pungli juga harus merespon dan menindaklanjuti karena ini kewenangan mereka,” tuturnya.


“Saya minta para stakeholder yang mengurus tentang bantuan rumah duafa harus ikhlas untuk bekerja dan jangan ada pemotongan. Ombudsman masih menunggu laporan dari masyarakat,” tutup Abyadi.***

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ombudsman RI Perwakilan Aceh Endus Pungli Rumah Duafa, Masyarakat Diminta Untuk Melapor

Terkini

Adsense