Adsense

Iklan

Koneksi Internet di Simeulue Lumpuh, Rafli Minta Telkom Bisa Segera Perbaiki

REDAKSI
8/13/22, 01:05 WIB Last Updated 2022-08-12T18:05:02Z
Banda Aceh - Warga pulau Simeulue mengeluh akibat koneksi internet lumpuh di kabupaten kepulauan tersebut sejak dua pekan terakhir, sehingga berdampak pada terganggunya aktivitas masyarakat.

Bahkan tindakan mitigasi Telkom dalam memperbaiki layanan internet Perbankan setelah Sistem Komunikasi Bawah Laut (SKKL) yang diduga putus akibat gempa pada 2 Agustus 2022 lalu, di Kabupaten Simeulu, juga belum berhasil diperbaiki secara maksimal.

Menyikapi hal tersebut, Rafli Legislator Aceh dari Partai PKS, Jumat (12/08/2022) mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan pihak Telkom terkait hal tersebut.

"Kita secara lembaga atau sebagai anggota Komisi VI DPR RI terus komunikasikan dengan pihak Telkom agar cepat ditangani, karena hampir semua aktivitas sudah sangat tergantung pada layanan internet, termasuk perbankan dan layanan Pemerintah pada umumnya sekarang sudah berbasis internet. Begitu juga dengan warga, internet sekarang menjadi kebutuhan penting bagi aktivitas sehari-hari. Kita akan upayakan agar segera ada respon cepat dari perusahaan Telkom untuk menangani hal tersebut,"kata Rafli.

Sebelumnya, pihak Telkom telah mengupayakan pemulihan layanan dengan menyiapkan sistem backup sebesar 2055 Mbps dengan rincian Radio IPLH TSEL 300Mbps, Satelit 155Mbps, dan Deployment Radio IP 1600Mbps. Sementara, untuk proses penyambungan SKKL, ditargetkan perbaikan selesai sekitar 2 bulan.

Alternatif saat ini, menurut Rafli, prioritaskan jaringan untuk layanan publik dan instansi strategis, hal itu perlu jadi titik fokus dalam masa perbaikan ini.

Sementara itu, General Manager (GM) Telkom Aceh Teuku Fauzan mengatakan, kabel optik yang putus berada di palung antara Simeuleu dan Aceh Selatan.

"Telkom Aceh terus berupaya mempercepat perbaikan layanan, termasuk mempersiapkan layanan back up sementara dengan menggunakan satelit dan radio IP yang dijadwalkan selesai pada pekan kedua Agustus 2022 dan pekan pertama September 2022,"  tutup Fauzan.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Koneksi Internet di Simeulue Lumpuh, Rafli Minta Telkom Bisa Segera Perbaiki

Terkini

Adsense