Iklan

Balai PUPR Atasi Jalan Provinsi Aceh Tamiang-Aceh Timur yang Tertimbun Longsor

REDAKSI
10/04/22, 09:55 WIB Last Updated 2022-10-04T02:55:07Z
Aceh Timur - Balai Jalan dan Jembatan PU Provinsi Aceh akan turun tangan membersihkan material longsor hingga menutupi seluruh badan jalan provinsi yang menghubungkan dua kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Timur di Desa Serba, Kecamatan Bandar Pusaka.

"Kalau tidak hari ini, mungkin besok Senin orang Balai PU Provinsi akan membantu angkat tanah longsor. Karena mereka yang punya beko kebetulan sedang bangun proyek jembatan tak jauh dari lokasi longsor," kata Camat Bandar Pusaka Cakra Agie Winapati dalam keterangannya, Minggu (2/10/2022).

Cakra Agie menyatakan, kondisi longsor cukup parah hingga menutup semua badan jalan. Material tanah longsor juga menyeret pepohonan dan sampah dari lereng bukit, sehingga harus dibersihkan mengunakan chainsaw.

BPBD sendiri, sebutnya, harus buka jalan tengah di titik longsor menggunakan beko agar bisa dilintasi kendaraan. Pada Sabtu pagi Camat muda ini memastikan masyarakat sudah bisa beraktivitas melalui jalan sementara yang dibuat oleh BPBD.

Pihaknya sangat terbantu setelah dikerahkan petugas BPBD ke lokasi bencana. Tim BPBD yang dipimpin langsung oleh Kalaksa Iman Suhery ini juga dinilai sangat tanggap dalam menghadapi bencana. Tanpa pikir panjang malam itu juga BPBD mencari beko di lokasi terdekat.

"Setahu kami BPBD pinjam alat berat milik kontraktor yang sedang bangun proyek jembatan di wilayah tersebut. Karena kalau datangkan alat berat dari Karang Baru ke Serba sangat jauh," sebut Cakra Agie.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Tamiang Iman Suhery menyebut bencana longsor dipicu hujan deras yang belakangan hari ini menguyur seluruh wilayah Aceh Tamiang.

Dikatakannya,  titik longsor di persimpangan Kampung Serba dan Sunting tersebut menghubungkan Kecamatan Bandar Pusaka dan kecamatan lainnya di wilayah hulu Aceh Tamiang.

Menurut dia musibah tanah longsoran yang menimbun ruas jalan provinsi di Aceh Tamiang tidak bisa dilakukan secara manual, diperlukan alat berat, karena seluruh badan jalan aspal tertimbun. sehingga BPBD Aceh Tamiang terpaksa membuka jalan sementara untuk bisa dilalui kendaraan didekat titik longsor Desa Serba, Kecamatan Bandar Pusaka.

Untuk saat ini jalan lintas Serba yang sempat tertimbun tanah longsor sudah bisa dilalui kendaraan melalui akses jalan, sementara sebelum dilakukan pembersihan total," kata Iman Suhery.

Ia mengimbau masyarakat untuk terus waspada terhadap potensi bencana alam yang bisa saja secara tiba-tiba datang. Apalagi belakangan ini suluruh wilayah Aceh Tamiang tengah dilanda cuaca ekstrem setiap malam turun hujan dari intensitas sedang hingga tinggi.

"Untuk bencana longsor di Serba tugas BPBD Aceh Tamiang sudah sesuai batasnya membuat jalan sementara. Karena itu jalan milik provinsi kami berharap ada tindak lanjut lagi untuk pembersihan tanah longsor menggunakan alat berat," harapnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Balai PUPR Atasi Jalan Provinsi Aceh Tamiang-Aceh Timur yang Tertimbun Longsor

Terkini

Adsense