Adsense

Iklan

Banjir di Aceh Utara Sudah Mulai Surut

REDAKSI
10/13/22, 08:03 WIB Last Updated 2022-10-13T01:03:23Z
Aceh Utara - Banjir yang dalam sepekan terakhir melanda wilayah Aceh Utara kini sudah berangsur surut. Dari pantauan lapangan, Kecamatan Lhoksukon, Kecamatan Baktiya Barat dan Kecamatan Lapang yang masih tergenang air. Hal ini senada dengan penjelasan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Asnawi, saat ditemui awak media, Selasa 11 Oktober 2022.

Asnawi mengatakan bahwa banjir sudah berangsur surut di 16 dari 19 wilayah kecamatan yang terdampak banjir di Aceh Utara.

"Alhamdulillah banjir sudah mulai surut hanya tiga wilayah kecamatan yang masih tergenang, yakni Kecamatan Lhoksukon, Kecamatan Baktya Barat, dan Kecamatan Lapang. Ketinggian air berkisar 30 hingga 60 centimeter," ungkapnya.

"Warga sudah mulai membersihkan rumah yang selama beberapa hari tergenang akibat banjir. Aktivitas masyarakat di pusat ibu kota Kabupaten Aceh Utara di Lhoksukon walaupun air masih tergenang mulai  normal," tambah Asnawi.

Asnawi mengimbau, meski banjir sudah berangsur surut warga tetap mewaspadai kemungkinan banjir datang lagi saat hujan deras turun.

"Kami terus memantau potensi banjir susulan. Kepada aparatur desa maupun kecamatan, segera melapor jika terjadi banjir susulan agar penanganan bisa dilakukan lebih cepat. Kepada masyarakat, jika rumah sudah terendam segera mengungsi ke tempat lebih tinggi," katanya.

Pemerintah Kabupaten Aceh Utara telah menetapkan status darurat bencana menyusul banjir yang terjadi di bagian wilayahnya karena air sungai meluap saat hujan lebat turun. Hujan lebat menyebabkan air Krueng Keureutoe, Krueng Peutoe, Krueng Pirak, Krueng Nisam, Krueng Sawang, dan Krueng Pase meluap dan membanjiri permukiman warga di Kabupaten Aceh Utara.(MS).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Banjir di Aceh Utara Sudah Mulai Surut

Terkini

Adsense