Adsense

Iklan

Lantik 4 Pj Bupati, Pj Gubernur Aceh Ingatkan Tingginya Inflasi dan Stunting

REDAKSI
10/12/22, 20:56 WIB Last Updated 2022-10-12T13:55:59Z
Banda Aceh - Para pejabat yang telah ditunjuk sebagai Pj Bupati tentu telah melalui proses pertimbangan yang matang, termasuk pertimbangan soal kompetensi, kinerja dan juga persyaratan administrasi lainnya.

Oleh karena itu, Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, mengingatkan para Pj Bupati yang hari ini dilantik untuk bekerja cepat dalam upaya menekan inflasi dan stunting, di Bumi Serambi Mekah.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Gubernur Aceh dalam sambutannya usai mengambil sumpah dan melantik Syakir sebagai Pj Bupati Aceh Tenggara, Rasyidin Porang sebagai Pj Bupati Gayo Lues, Fitriany sebagai Pj Bupati Nagan Raya, dan Mahdi Effendi sebagai Pj Bupati Aceh Barat, di Anjong Mon Mata komplek Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa (11/10/2022).

"Segera bekerja dengan sebaik-baiknya dan buktikan bahwa saudara-saudari adalah pemimpin yang bijak, ta’at hukum, dan siap menjalankan program yang berpihak pada kepentingan masyarakat demi kemajuan daerah. Dalam kaitan ini, perlu diketahui beberapa hal yang saat ini mesti menjadi perhatian kita bersama, antara lain tingginya angka inflasi yang mencapai 7,38 persen, persoalan stunting yang saat ini mencapai mencapai 33,2 persen, tingkat kemiskinan ekstrem, pemberdayaan ekonomi,” ujar Pj Gubernur.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pj Gubernur Aceh menyampaikan beberapa pesan kepada 4 Pj Bupati yang dilantik hari ini. Pertama, Pj Gubernur berpesan agar para Pj Bupati untuk membina komunikasi positif dengan para pihak, terutama dengan Forkopimda, alim ulama, dan elemen masyarakat lainnya, dalam upaya menjaga harmoni dan kekompakan, serta kesatuan dalam membangun daerah.

Selanjutnya, Achmad Marzuki juga mengingatkan para Pj Bupati untuk menjalankan sistem pemerintahan secara transparan, akuntabel dan taat hukum serta mengupayakan pembahasan APBK tepat waktu agar gerak pembangunan dapat dimulai lebih awal.

"Saat ini, tingkat Inflasi Aceh masih tinggi, per September 2022, angka inflasi Aceh mencapai 7,38%. Untuk itu, kami imbau saudara mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan mengoptimalkan TPID dan Satgas Pangan di wilayah masing-masing. Tingkatkan koordinasi dengan dinas terkait di tingkat provinsi dan antar kabupaten/kota. Cari akar permasalahannya, dan tentukan solusinya untuk segera dijalankan, sehingga dengan demikian tingkat inflasi dapat diturunkan,” kata Pj Gubernur.

Sementara itu, terkait dengan masih tingginya angka stunting di Aceh, Pj Gubernur mengingatkan para Pj Bupati yang baru dilantik untuk memberi perhatian dan menempuh berbagai upaya dalam rangka penurunan angka stunting di wilayah masing-masing.

"Di samping itu, perhatian yang sama juga perlu diarahkan pada upaya penurunan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pencabulan anak, serta kasus asusila lainnya yang terjadi di wilayah Saudara-saudari,” imbuh Pj Gubernur.

Dalam sambutannya, Achmad Marzuki juga mengingatkan, bahwa saat ini Aceh masih dihadapkan pada persoalan tingkat kemiskinan ekstrem.

"Saudara-saudari harus mencari strategi terbaik, di antaranya dengan memastikan penyaluran bantuan berjalan dengan baik, menciptakan lapangan kerja melalui kegiatan padat karya, mengoptimalkan peran TAPD dan TKPK, kolaborasi dengan berbagai pihak, dan lain sebagainya. Di samping itu, lakukan percepatan realisasi belanja yang efektif, efisien, tepat sasaran, dan bermanfaat untuk masyarakat,” kata Pj Gubernur.

Selain itu, Pj Gubernur juga mengimbau para Pj Bupati untuk memastikan dana desa yang dikucurkan Pemerintah setiap tahunnya, agar bisa dikelola dengan baik oleh Pemerintah Gampong.

“Saudara-saudari harus segera mengambil langkah-langkah strategis untuk pendampingan dan pengawasan. Kedepankan peran Mukim dan Camat, agar dana desa tersebut tepat sasaran, dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah yang saudara pimpin,” ujar Pj Gubernur berpesan.

Terakhir, Pj Gubernur mengajak para Pj Bupati untuk membangun kerjasama yang kompak agar semua program terbaik yang telah berjalan sebelumnya dapat berlanjut, khususnya bidang pendidikan, infrastruktur, bidang kesehatan serta fokus pada upaya menyukseskan Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

"Kepada para Pj Bupati yang baru, saya ucapkan Selamat Bekerja. Semoga saudara-saudari sekalian siap menjalankan amanah dengan baik. Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya saya sampaikan kepada para Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya atas pengabdiannya selama 5 tahun di daerah yang saudara pimpin. Semoga kerjasama kita dalam membangun Aceh yang lebih baik di masa mendatang dapat terus terjalin dengan baik,” pungkas Pj Gubernur Aceh.

Pelantikan Pj Ketua TP PKK dan Bunda PAUD

Usai pelantikan 4 Pj Bupati, di lokasi yang sama juga dilantik 4 Pj Ketua TP PKK dan Bunda PAUD, yaitu Kabupaten Aceh Tenggara, Gayo Lues, Nagan Raya dan Aceh Barat. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan oleh Pj Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Aceh Ayu Marzuki.

Turut hadir pada pelantikan tersebut Sekretaris Daerah Aceh Bustami Hamzah, unsur Forkopimda Aceh, para mantan Bupati, Forkopimda kabupaten serta sejumlah tamu undangan lainnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lantik 4 Pj Bupati, Pj Gubernur Aceh Ingatkan Tingginya Inflasi dan Stunting

Terkini

Adsense