Iklan

Provinsi Aceh Target Masuk 10 Besar MTQ Nasional ke-29

REDAKSI
10/08/22, 18:45 WIB Last Updated 2022-10-13T09:54:07Z
Banda Aceh - Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam (DSI) menargetkan masuk 10 besar pada ajang MTQ Nasional ke-29 di Kalimantan Selatan, 10-19 Oktober 2022, dengan mengirim 54 kafilah. 

Ketua kafilah Aceh yang juga Kepala Dinas Syariat Islam, Dr. EMK Alidar S.Ag M.Hum menyebutkan, untuk mencapai 10 besar berbagai persiapan telah dilakukan, seperti pemusatan pelatihan hingga tiga tahap. Bahkan, ada sebanyak 13 peserta yang dikirim ke Ciputat, Tanggerang. 

“Ada beberapa yang kita nilai potensial masuk final, kita kirim ke sana untuk mengikuti pemusatan pelatihan dengan pelatih-pelatih nasional,” katanya, Sabtu (8/10/2022). 

Selama mengikuti TC di Tangerang, para peserta didampingi oleh pelatih ustaz Hajarul Akbar dan Kepala TU UPTD Pengembangan dan Pemahaman Al-Qur'an (PPQ) DSI, Abdul Rani.

Sementara itu, para peserta lainnya melakukan pemusatan latihan di UPTD PPQ, yang dilatih oleh pelatih lokal dan nasional.

“Kita berharap dengan diadakannya TC sampai tiga tahap ini bisa meraih hasil yang lebih baik dibanding dengan MTQ Nasional dua tahun lalu di Padang,” ujar Alidar. 

Seperti diketahui, kalifah mengikuti beberapa cabang yang diperlombakan di MTQ Nasional ke 29,yaitu tilawah anak (putra/putri), tilawah remaja (putra/putri), tilawah dewasa (putra/putri), tartil (putra/putri), tilawah tuna netra (putra/putri), qiraah saba’ah remaja (putra/putri), qiraah sab’ah mujawwad dewasa (putra/putri), qiraah sab’ah murattal dewasa (putra/putri), tahfidh 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz (putra/putri). 

Selanjutnya, tafsir bahasa Arab, tafsir bahasa Indonesia dan tafsir bahasa Inggris (putra/putri), fahmil Quran (putra/putri), syarhil quran (putra/putri), khat tulisan buku (putra/putri), khat hiasan mushaf (putra/putri), khat dekorasi dan khat kontemporer (putra/putri) serta karya tulis ilmiah Quran (putra/putri).

"Tahun ini kita berharap bisa masuk 10 besar nasional. Kita terus berdoa dan berusaha serta memberi dukungan kepada peserta Kafilah Aceh,” tambahnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Provinsi Aceh Target Masuk 10 Besar MTQ Nasional ke-29

Terkini

Adsense