Adsense

Iklan

Sekolah Terdampak Banjir, Ribuan Pelajar di Aceh Utara Diliburkan

REDAKSI
10/09/22, 05:51 WIB Last Updated 2022-10-08T22:51:02Z
Aceh Utara - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Utara menyatakan bahwa sebanyak 4.672 pelajar di daerah tersebut diliburkan akibat sekolah terdampak banjir. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara, Jamaluddin, menyebutkan sekolah yang diliburkan sebanyak 26 sekolah meliputi 19 tingkat Sekolah Dasar (SD) dan tujuh Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Banjir yang terjadi sejak dua hari terakhir tersebut telah merendam dan merusak sejumlah fasilitas sekolah, sehingga kegiatan belajar mengajar diliburkan sementara waktu," kata Jamaluddin, Sabtu (08/10/2022).

Adapun sekolah yang diliburkan tersebar di Kecamatan Lhoksukon, Kecamatan Matang Kuli, Kecamatan Pirak Timu, Kecamatan Baktiya dan Kecamatan Samudera. Saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara telah mendirikan posko untuk mendata lebih lanjut terhadap fasilitas sekolah yang rusak akibat banjir.

Jamaluddin menambahkan, banjir telah merendam 219 ruangan kelas, kantor, laboratorium, pustaka dan lain-lainnya terendam banjir. Serta berdampak pada 450 tenaga pengajar atau guru dan staf.

"Pihak sekolah juga telah berupaya menyelamatkan barang berharga dan dokumen penting. Kemudian memindahkan fasilitas yang dipakai pelajar untuk dipindahkan ke tempat yang tidak terkena banjir," katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Wilayah Aceh Utara, Ahmad Yamani,  mengatakan ada tujuh Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat sudah diliburkan dengan jumlah siswa mencapai seribuan lebih akibat terdampak banjir.

"Ada tujuh SMA sederajat di Aceh Utara yang diliburkan. Sementara, untuk jumlah pelajar yang libur masih dalam pendataan, namun diperkirakan seribuan lebih pelajar," katanya.

Selain pelajar yang sekolahnya terendam banjir diliburkan, Dinas Pendidikan Aceh Cabang Aceh Utara juga meliburkan pelajar yang akses ke sekolahnya dilanda banjir. "Ada satu sekolah tidak terkena banjir, namun akses menuju sekolah tersebut tidak bisa dilalui akibat tergenang air, sehingga pelajarnya terpaksa diliburkan," kata Ahmad Yamani.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sekolah Terdampak Banjir, Ribuan Pelajar di Aceh Utara Diliburkan

Terkini

Adsense