Adsense

Iklan

Tempati Rumah Tidak Layak Huni, Nek Tiayat Minta Perhatian Pemerintah

REDAKSI
10/21/22, 15:50 WIB Last Updated 2022-10-21T08:50:53Z
Aceh Timur - Sudah 77 tahun Indonesia merdeka, namun masih banyak masyarakat menempati rumah yang tidak layak huni. 

Seperti yang terpantau oleh media ini di Dusun Teumpok Teungoh, Desa Paya Lipah, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, seorang nenek bernama Tiayat (92) tinggal disebuah rumah dengan kondisi yang memprihatinkan, pasalnya atap rumah bocor dan bolong. 

Diketahui Tiayat mempunyai tiga orang anak dan ketiganya sudah berkeluarga serta sudah mempunyai cucu, akan tetapi mereka tidak ada biaya untuk membantu atau membangun rumah bagi Nek Tiayat. 

Saat media ini mendatangi kediaman Tiayat, dirinya berharap kepada Pemerintah atau pihak terkait agar bisa mendapatkan rumah yang layak untuk dihuni. 

"Saya berharap Pemerintah atau dinas terkait sekiranya bisa meringankan dan membantu kondisi saya yang sudah tua renta namun masih tinggal di rumah yang reot" Katanya, Jum'at (21/10/2022). 

Kemudian, Kepala Desa setempat, Ismail, melalui Kadus Teumpok Teungoh Hendra Saputra mengatakan bahwa bantuan yang didapati oleh Nek Tiayat sementara waktu ini hanya Bantuan Langsung Tunai (BLT). 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan terkait pembangunan rumah rehab atau permanen sudah pernah diajukan namun terkendala akibat pengalihan kepada penanganan Covid - 19 beberapa waktu lalu.

"Di Desa, Nek Tiayat hanya BLT yang didapatkan, dan seperti bantuan rehab sudah pernah kami ajukan namun anggarannya sudah dialihkan untuk penanganan Covid - 19," katanya. 

Disamping itu juga perwakilan Kementerian Sosial RI melalui Sentra Balai Insyaf Medan beberapa hari yang lalui sudah turun ke tempat Nek Tiayat untuk melakukan pendataan seperti bantuan lansia, bantuan modal usaha dan lain sebagainya. Namun di lembaga tersebut tidak ada pos untuk pembangunan rumah. 

"Kemarin kami sudah turun juga kesini bersama Sentra Balai Insyaf Medan untuk melakukan pendataan lansia saja dan bantuan usaha, akan tetapi untuk pembangunan rumah belum ada," Tutup Irfan yang merupakan Pendamping PKH Kecamatan Peureulak didampingi oleh Tgk. Muhammad Juarnis. 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tempati Rumah Tidak Layak Huni, Nek Tiayat Minta Perhatian Pemerintah

Terkini

Adsense